cara pintar agar tubuh sehat dan bugar

Sehat dan bugar tentu memiliki makna  yang berbeda meski masih berkaitan erat.orang yang sehat jarang sakit sakitan belum tentu juga bugar,namun orang yang bugar sudah pasti sehat. 

Definisi dari sehat dan bugar

Sehat bisa di artikan kondisi dimana seseorang tidak mengalami gangguan secara fisik maupun secara mental , sehingga mampu melakukan aktifitas secara normal.

Sedangkan bugar memiliki arti yang lebih spesifik yaitu kemampuan atau ketahanan seseorang untuk melakukan aktifitas secara fisik.

Orang yang sehat dalam artian tidak mudah sakit belum tentu juga memiliki tubuh yang bugar.  Sehingga mereka akan mudah merasa capek saat melakukan aktifitas sehari hari.

Namun jika anda buga maka anda tidak akan mudah sakit dan juga tidak akan mudah capek saat melakukan aktifitas.

Cara pintar agar tubuh sehat dan bugar

Untuk memiliki tubuh yang sehat dan juga bugar tentu memberikan dampak positif bagi anda. 

Dengan tubuh yang sehat dan bugar anda bisa melakukan aktifitas tanpa harus di ganggu oleh penyakit dan rasa capek sehingga bisa meningkatkan produktifitas.

Anda bisa mengikuti tips cara pintar agar tubuh anda bisa sehat dan bugar 

Makanan sehat

Konsumsi makanan sehat bisa membantu tubuh kita menjadi sehat dan juga bugar. makanan yang sehat tidak hanya membuat kenyang saja melainkan juga memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh kita.

Tubuh kita butuh karbohidrat sebagai sumber energy utama tubuh untuk bergerak. kita juga perlu protein untuk membangun jaringan sel , otot dan tulang.

Selain karbohidrat dan protein kita juga membutuhkan lemak untuk menyerap vitamin A,  vitamin D dan E  yang tidak bisa larut dalam air , lemak juga berfungsi sebagai pembentuk hormon.

Konsumsi makanan yang sehat memiliki banyak benefit 

  • Kebutuhan nutrisi terpenuhi
  • Kalori intake bisa terkontrol
  • menurunkan resiko penyakit diabetes type 2
  • menurunkan resiko penyakit jantung
  • menyehatkan pencernaan 
  • meningkatkan kebugaran
  • Berat badan terkontrol
Sumber makanan sehat yang bisa kita konsumsi untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugara adalah berikut :
  • Buah buahan segar ( Apel , Jeruk , anggur , beries dll )
  • sayuran segar ( Bayam , kubis , wortel , paprika , tomat , sawi putih dll )
  • ikan laut/tawar ( Tuna , tengiri , salmon , lele , sidat , nila dll )
  • biji bijian utuh ( oat , sereal , beras merah )
  • Kacang kacangan ( almond , mede , kacang tanah , kacang )
  • Polong ( kacang hijau , merah , kedelai , dan kacang tolo )
  •  Daging unggas & telur ( daging ayam , bebek , itik , angsa dan juga telurnya )
  • umbi ( ubi ungu ,ornge dan putih ,  kentang , talas , singkong )
  • Susu dan olahanya ( Susu sapi , kambing , unta , kerbau , susu kedelai , yogurt , keju)
  • Daging ( sapi , kambing , kerbau , unta dan babi ) 
Olah raga teratur

Jika pola makan sehat sudah anda terapkan , selanjutnya mulailah melakukan olah raga secara rutin 3 kali dalam seminggu. 

Latihan yang wajib anda lakukan ada 3 jenis yaitu strength training , cardio training dan flexibility.


1.Latihan kekuatan (strength training)

Strength training adalah aktifitas fisik yang di rancang untuk meningkatkan kekuatan otot , ketahanan dan juga meningkatkan masa otot tubuh.

Lakukan strength training untuk meningkatkan masa otot tubuh,kekuatan dan daya tahan serta membakar timbunan lemak.

Anda bisa melakukan latihan kekuatan di gym maupun di rumah baik itu dengan equipment maupun tidak.

Berikut ini pilihan strength training yang bis anda lakukan untuk melatih tubuh anda agr sehat dan bugar.
  • barbel back squat
  • Deadlift
  • barbel row / dumbel row
  • bech press
  • push and press
  • Lunges
  • push up 
  • pull up
2.Latihan kardio ( cardio training )

Jangan lewatkan latihan kardio atau aerobic untuk membakar kalori , meningkatkan kapasitas paru2 , meningkatkan kesehatan jantung , meningkatkan ndurance dan imunitas tubuh.

Pilihan latihan kardio sangat beragam yang bisa anda lakukan di gym maupun di rumah. 

Jika anda di gym anda bisa menggunakan treadmil , xtrainer, sepeda statis dan stair claimber sebagai equipment untuk latihan kardio.

Anda juga bisa joging , lari dan bersepeda di area komplek tempat tinggal anda, anda juga bisa melakukan step up menggunakan tangga rumah sebagai latihan kardio.

Benefit dari latihan kardio sangat banyak di antaranya :
  • Meningkatkan endurance
  • mengurangi resiko penyakit jantung 
  • menjaga level gula darah shingga bisa berpotensi menurunkan resiko terkena diabetes type 2 
  • mengontrol berat badan
  • meningkatkan imunitas tubuh 
  • meningkatkan kecepatan gerak tubuh
3.latihan kelenturan

Latihan kelenturan juga tidak kalah penting dari stregth training maupun kardio training. Melatih kelenturan  bisa meningkatkan jangakauan dari persendian anda.

Anda bisa melakukan yoga , pilates dan juga stretching untuk melatih kelenturan tubuh anda.

Selain meningkatkan range motion, kelenturan tubuh yang baik juga bisa mengurangi resiko cidera saat melakukan aktifitas fisik.

Istirahat yang cukup

Beri tubuh anda waktu yang cukup untuk istirahat agar tubuh anda benar benar kembali bugar saat melakukan aktifitas kembali.


Tubuh yang cukup istirahat terutama di waktu malam akan lebih bugar kala bagun di pagi hari.

Idealnya tubuh anda harus istirahat selama kurang lebih 5-8 jam dalam sehari. karena saat istirahat inilah tubuh anda melakukan recovery.

Durasi dalam istirahat memangbpenting namun perlu di garis bawahi juga bahwa kualitas dari istirahat itu jauh lebih penting.

Kesimpulan

Tubuh yang sehat dan bugar tentu akan membuat anda lebih produktif. Anda tidak akan lagi gampang sakit ketika perubahan cuaca dan anda tidak akan cepat lelah ketika melakukan pekerjaan dan aktifitas lainnya.

Cara pintar agar tubuhbsehat dan bugar adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat , olah raga teratur dan memberi tubuh istirahat yang cukup.

Baca juga