Tidak hanya bikin sexy , ada 7 manfaat utama latihan beban bagi wanita

Trends gaya hidup sehat belakangan ini mulai terlihat geliatnya kembali pasca pendemi covid 19 berlalu.

Terutama di kota kota besar seperti jakarta ini Kaum mileneal sepertinya mulai sadar tentang pentingnya menjaga kesehatn dan kebugaran.


Bersepeda adalah salah satu trends yang paling hits untuk menjaga kesehatan dan kebugaran di saat pamdemi covid 19 tahun lalu melanda.

Namun seiring menurunnya angka kasus covid yang terkonfirmasi maka trends bersepeda saat ini mulai menurun. 

Kembali di ijinkannya pusat kebugaran juga menjdai salah satu faktor kenapa trends bersepeda ini menurun.

Antusiasme masyarakat terutama kaum milenial kini beralih ke class seperti yoga , zumba , aerobic , hip hop , spining dan juga weight training.

Bagi kaum wanita class yoga dan zumba mungkin menjadi pilihan favorit , namun tidak sedikit pula dari kaum wanita yang mulai menggemari latihan beban .

Perlu di garis bawahi bahwa wanita sebetulnya wajib melakukan latiham beban setidak nya dua kali dalam seminggu.

Laihan beban tidak hanya membuat tubuh kaum hawa menjadi lebih sexy , namun latihan beban juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kaum hawa.

Apa saja manfaat dari latihan beban tersebut bagi kaum wanita ? yuk simak ulasan dari Gohealth berikut tentang 7 manfaat latihan beban bagi wanita 

1. Membentuk tubuh menjadi sexy

Latihan beban bisa membuat anda khusus nya kaum wanita menjadi lebih percaya diri. hal ini bukan tanpa alasan , dengan melakukan latihan beban tubuh anda akan terbentuk dengan sempurna dan menjadi lebih sexy.

Anda bisa melatih dengan spesifik bagian bagian tubuh mana yang akan anda bentuk. misalnya dada , back , betis , paha atau pinggul.

Dengan latihan beban anda bisa mengencangkan otot paha anda yang mungkin banyak lemak.  Anda juga bisa membuat otot pinggul anda lebih berisi dari yang mungkin seblum nya tepos.

So latihan beban adalah cara terbaik untuk membentuk bagian bagian tubuh anda agar terlihat lebih sexy .

2. Membakar kalori lebih banyak

Jika anda ingin menurunkan berat badan maka lakukan latihan beban.  latihan beban 30 menit dengan intensitas sedang bisa membakar 90-150 kalori.

Terlihat sedikit memang , namun latihan beban memiliki efek after burn yang peningkatan pembakaran kalori selama 24 jam setelah anda selesei melakukan latihan.

Selain efek after burn latihan beban jugan meningkatkan pembakaran kalori saat tubuh sedang istirahat hal ini disebabkan adanya peningkatan masa otot tubuh.

Karena otot merupakan komponen tubuh yang paling banyak membakar kalori di saaf tubuh kita istirahat.

3. Mencegah osteoporosis

Saat memasuki masa meanopause wanita sangat rentan terkena osteoporosis atau tulang rapuh.

Hal ini bisa di cegah atau di minimalisir dengan cara melakukan latihan beban secara rutin ketika anda berusia muda.

Karena dengan melakukan latiham beban maka tingkat kepadatan tulang anda akan menjadi lebih baik.

4. Meningkatkan kekuatan otot tubuh

Tidak hanya kaum adan saja yang di tutut untuk memiliki tubuh yang kuat. namun kaum hawa pun wajib memilikinya.

Melakukan latihan beban bisa meningkatkan kekuatan dan masa otot tubuh dengan maksimal. 

Hal yang harus di pahami bagi kaum wanita adalah latihan beban tidak akan membuat otot anda menjadi besar seperti binaraga. 

Latihan beban akan membuat tubub anda tetap feminim namun menjadi lebih kuat. hal ini di sebabkan karena wanita memiliki hormon testoteron lebih sedikit dari kaum pria.

5. Mengurangi resiko cidera , back pain dan radang sendi

Latihan beban memang tidak meningkatkan masa otot saja , namun juga bisa meningkatkan kepadatan tulang dan meningkatkan kelenturan persendian.

Kepadatan tulang dan otot yang kuat  terutama area tulang belakang bisa mencegah terjadinya sakit pinggang atau back pain. 

Gerakan gerakan latihan beban juga bisa meningkatkan kekuatan dan kelenturan persendian tubuh yang bisa mencegah terjadinya Arthritis atau radang pada sendi.

6. Mencegah penyakit jantung dan diabetes

Latihan beban bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol buruk sehingga bisa menurunkan resiko anda terkena penyakit jantung.

Selain itu latihan beban juga efektif membakar kalori berlebih dari tubuh anda yang bisa menjadi penyebab terjdainyan kegemukam dan diabetes.

7. Mengurangi stress

Salah problem yang sering di hadapi oleh kaum wanita adalah stres . penyebab nya mungkin beragam dan setiap individu tentu berbeda.

Untuk mngurangi stres anda bisa mencoba melakukan olah raga rutin seperti yoga , zumba , spining class dan weight training.

Saat anda melakukan latihan beban atau olah raga lain maka tubuh anda akan mengeluarkan hormon endorphins untuk meningkatkan mood , mengurangi rasa sakit dan juga untuk melawan depresi.

So khusus untuk kaum wanita jagan takut lagi ya untuk melakukan weight training , karena selain bikin sexy juga bisa bikin anda happy.


Komentar

Baca juga