6 jenis buah ini ampuh cegah kerusakan sel, karena kaya anti-oksidan

Buah buahan segar sering kali di konsumsi sebagai makanan penutup atau disert. Jenis buah yang beragam rasa dari manis hingga asam adalah sumber antioxidant yang melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit.

Mengkonsumsi setidak nya 3-4 jenis buah buahan beragam warna dan rasa bisa meningkatkan antioksidan di dalam tubuh kita .

Seperti yang sudah di ketahui bahwa antioksidan merupakan salah satu senyawa yang bisa memperbaiki kerusakan sel sel dalam tubuh kita.

Jenis buah buahan yang kaya anti oksidan

Beragam buah buahan bisa kita pilih untuk di konsumsi , ada enam jenis buah buahan yang kaya kandungan antioksidan

Apel 

Apel memiliki berbagai varietas unggul yakni apel fuji , envy , royal gala , pink lady dan di indonesia sendiri ada jenis apel malang.

Berdasar penelitian orang yang rutin konsumsi buah ini memiliki resiko kematian akibat penyakit jantung lebih rendah.

Buah ini memiliki nutrisi utama yaitu fiber , vitamin c , pectin dan polyphenols dimana kandungan tersebut memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan sel dan meningkatkan mikroba dalam usus.

Anggur 

Buah yang sangat nikmat ini juga merupakan sumber antioksidan . Anggur memiliki kandungan berupa Serat pangan , vitamin c dan k , kaya akan phytochemicals kususnya resveratrol yang ada pada anggur merah.

Konsumsi buah anggur ini bisa menurunkan terjadinya kerusakan jaringan sel tubuh akibat radikal bebas

Citrus 

Jeruk , lemon , grapefruit dan jeruk nipis di kenal sebagai sumber vitamin C. Selain itu kandungan lain dari Citrus adalah fiber , vitamin B , calsium , potassium ,coper , flavonoid dan juga caretenoid. 

Kandungan pada Citrus bisa menurunkan kolesterol jahat , memperbaiki fungsi pembuluh darah dan menurunkan gula darah.

Beries

Semua buah beries kaya antioksidan, fiber , vitamin c , flavonoid dan juga carotenoid. konsumsi buah beries berpotensi menurunkan resiko seseorang terkena penyakit jantung dan diabetes.

Stone fruits

Plum , apricot , cheries and peache adalah stone fruit yang kaya fiber , vitamin c , potassium. 

Mengkonsumsi stone fruits seperti cheries , apricot , plum dan peache bisa menurunkan resiko seseorang terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Pomegranate

Buah delima adalah buah yang kaya akan kandungan Vitamin c dan k , fiber, potassium , anthocyanin dan resveratrol.

konsumsi buah ini berpotensi menurunka tekanan darah tinggi , kadar kolesterol jahat dan juga menurunkan gula darah.

Anti oksidan adalah senyawa yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita , fungsi nya adalah untuk melindungi sel sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, mencegah penyakit jantung , diabetes dan tekanan darah tinggi.

Baca juga artikel berikut

Komentar

Baca juga