latihan terbaik untuk tingkatkan hormon seks pria

Cara terbaik meningkatkan hormon testoteron alami dalam tubuh adalah dengan melakukan olah raga atau latihan fisik secara teratur dan menerapkan pola makan sehat.

Penelitian secara ilmiah menujukan bahwa latihan beban dan juga HIIT merupakan latihan terbaik untuk meningkatkan level hormon testoteron baik itu dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Mengenal testoteron dan fungsinya

Hormon Testoteron adalah hormon pertumbuhan yang ada pada pria maupun wanita . Pada pria testoteron di produksi oleh testis dan pada wanita hormon ini di produksi oleh ovarium kelenjar adrenal.

Saat seorang pria menginjak usia balig atau memasuki masa pubertas maka produksi hormon testoteron cenderung meningkat sehingga mempengaruhi perubahan fisik terutama pada pria.

Bebrapa perubahan fisik yang di pengaruhi hormon ini adalah karakter suara , ukuran penis , pertumbuhan rambut pada wajah dan kemaluan , masa tulang dan otot , produksi sperma dan gairah seks.

Setelah memasuki usia 30 tahun sebagian besar pria akan mengalami penurunan produksi hormon testoteron.

Penurunan hormon testoteron ini di pengaruhi berbagai hal dan memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan seks pria.

Fungsi utama dari hormon testoteron bagi pria adalah berikut : 

  • Meningkatkan gairah seks 
  • Meningkatkan pertumbuhan bulu pada wajah dan kemaluan saat pubertas
  • Perkembangan ukuran penis saat puberstas 
  • Meningkatkan Libido seks pria dan wanita
  • Meningkatakan produksi sperma 
  • Meningkatkan masa otot dan kepadatan tulang 
  • Mempengaruhui proses pematangan sperma.

Penyebab turunnya level testoteron

Menurunnya level testoteron dalam tubuh memiliki dampak yang sangat serius bagi kesehatan terutama pada pria.

Tingkat testoteron yang rendah bisa memicu beberapa masalah kesehatan . Disfungsi ereksi , menurunnya gairah seks pada pria , penurunan masa otot dan meningkat nya lemak tubuh , berkurangnya kepadatan tulang bisa jadi merupakan masalah kesehatan yang sebabkan oleh penurunan level testoteron.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab turun nya level testoteron pada pria adalah:

  • Orkitis atau infeksi pada testis
  • Adanya Ganguan metabolisme tubuh seperti kelebihan zat besi 
  • Adanya gangguan pada kelenjar pituitari 
  • Gangguan pada kelenjar hipotalamus di otak
  • Diabetes militus type 2 yang tak terkontrol
  • Kegemukan atau obesitas 
  • Adanya peradangan pada paru paru 
  • Penyalahgunaan steroid untuk peningkatan masa otot
  • Penuaan atau faktor usia.
  • Tinggi nya hormon prolaktin 
  • Cacat bawaan saat lahir 
  • Kelainan genetik 
Cara meningkatkan level testoteron 

Menurun nya level testoteron akibat penuaan memang tidak bisa di hindari . Memasuki usia 30 tubuh akan mengalami penurunan hormon testoteron sebesar 1 persen setiap tahunnya.

Akan tetapi penuranan tersebut bisa di kontrol dengan menerapka pola hidup sehat. 

Konsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang seimbang seperti hal nya sayur , buah buahan segar , konsumsi daging bebas lemak , biji bijian utuh , kacang kacangan dan juga polong.

Selanjutnya kelola stress anda agar tidak berlarut larut karena hormon kortisol yang di hasilkan ketika tubuh mengalami strees juga bisa menjadi penyebab menurun nya testoteron.

istirahat yang cukup dan olah raga secara rutin adalah cara efektif untuk menjaga level testoteron tetap pada level normal bahkan bisaeningkat.

Beri tubuh kita cukup waktu untuk istirahat guna melakukan recovery . Waktu istirahat yang ideal adalah 5-8 jam perhari.

Lakukan latihan fisik secara rutin seminggu 3 kali. Penelitian menunjukan bahwa latihan angkat beban dan juga HIIT mampu meningkatkan kadar testoteron dalam tubuh

latihan terbaik untuk meningkatkan level testoteron 

Olah raga merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan . Dengan melakukan olah raga secara rutin kita bisa mengontrol berat badan , mengontrol gula darah , meningkatkan metabolisme tubuh dan meingkatkan daya tahan.

Ada dua tipe laltihan apabila di lakukan secara rutin dan teratur dalam kurun waktu tertentu mampu mendongkrak hormon testoteron .

1. Resistant training 

Resistant training adalah jenis latihan yang bisa meningkatkan testoteron dalam jangak pendek dan jangka panjang.

Melakukan resistant training 3 kali dalam seminggu bisa meningkatkan 26 persen kadar hormon testoteron pada pria dan 16 persen pada wanita.

Jenis gerakan resistant training yang  bisa meningkatkan kadar hormon testoteron antara lain barbel back/front squat , deathlift , lunges ,benc press dan row.

2. High intensity interval training 

Latihan yang terbukti bisa meningkatkan level hormon testoteron selain latihan beban adalah latihan intensitas tinggi atau biasa di sebut HIIT

Orang yang melakukan interval training dengan melakukan sprint 90 detik lalu di selingi jalan 90 detik memiliki level testoteron lebih tinggi dari pada mereka yang melakukan 45 lari dengan cara standar.

Dengan melakukan kombinasi dari kedua latihan ketahanan dan juga high intensity interval training mungkin kita bisa menjaga dan meningkatkan level testoteron dalam tubuh dalam jangka panjang dan pendek.

Komentar

Baca juga