5 hal yang bisa menyebabkan anda gagal turunkan berat badan

Timbunan lemak yang berlebihan di tubuh tentu menjadi salah satu masalah yang mesti anda selesaikan jika anda tidak ingin mengalami masalah kesehatan. 




Kegemukan adalah kondisi dimana tubuh anda kelebihan berat badan 20-30 kg dari berat badan ideal rata rata ( tinggi badan - 100 ) dan prosentase lemak tubuh mencapai 25 persen atau lebih .

Kondisi ini bisa mimicu resiko timbulnya penyakit seperti diabetes type 2 , penyakit jantung , stroke , nyeri sendi terutama di lutut dan dan juga lower back pain.

Cara mengatasi kegemukan

Cara mengatasi masalah kegemukan adalah dengan melakukan aktifitas fisik secara rutin dan mengatur pola makan .

Melakukan aktifitas fisik bisa dengan bermacam cara , misalkan ke kantor berjalan kaki atau naik sepeda jika jarak tempuh kek kantor relatif dekat kurang lebih 2- 5 km.

Anda bisa juga melakukan aktifitas olah raga di pusat pusat kebugaran maupun mela kukan olah raga di rumah.

Penyebab gagalnya penurunan berat badan

Menurunkan berat badan yang berlebih itu memang butuh kesabaran dan tidak bisa instan. 

Tidak sedikit orang yang gagal dalam menurunkan berat badan nya namun tak kunjung turun juga.

Jika anda tidak ingin gagal dalam menurunkan berat badan sebaik anda perhatikan 5 hal berikut ini :

Tidak konsisten

Konsisten adalah salah satu faktor penting jika anda ingin menurunkan berat badan. Anda harus konsisten mengatur pola makan dan  anda harus konsisten dalam melakukan exercise secara rutin.

Jika anda mengalami kegagalan dalam menurunkan berat badan coba cros cek kembali seberapa konsisten anda dalam menjaga pola makan dan exersise.

Fokus hanya latihan kardio saja

Melakukan latihan kardio saat program penurunan berat badan tidaklah salah , karena latihan kardio seperti bersepeda , joging lari , senam dan latihan kardio lain nya bisa membakar kalori yang cukup besar.

Namun latihan kardio hanya membakar kalori saat anda melakukan latihan saja dan anda juga membutuhkan durasi latihan yang cukup panjang untuk membakar kalori.

Jadi jika anda ingin cepat menurunkan berat badan maka jangan fokus dengan latihan kardio saja tapi kombinasikan dengan latihan yang lain seperti angkat beban , hiit dan body weight training.

Tidak melakukan latihan beban

Latihan beban sangat efektif membakar lemak tubuh , namun sebagian besar wanita yang mau menurunkan berat badan enggan melakukannya dengan dalih takut berotot.

Hal ini juga merupakan salah satu faktor penyebab lambatnya penurunan berat badan. Padahal dengan melakukan latihan beban tubuh anda akan terus membakar hingga 24 jam setelah anda selesai latihan.

Selain itu latihan beban akan membuta oto anda semakin bertambah , dengan bertambah nya otot ini anda maka anda akan lebih cepat dalam menurunkan berat badan dan lemak tubuh.

Tidak disiplin dalam diet

Diet adalah faktor yang sangat penting dalam program penurunan berat badan , karena dengan diet ini anda bisa mengontrol kalori intake dengan tepat.

Jika anda abai atau sering melakukan cheating saat diet ketat dalam penurunan berat badan maka siap siap saja anda kecewa karena berat badan tidak kunjung turun juga.

Stress 

Stres bisa saja menjadi salah satu faktor penyebab gagalnya program penurunan berat badan anda.

Ketika stres tubuh anda akan lebih banyak membutuhkan energy untuk melawan radikal bebas yang di timbulkan oleh stres tersebut.

Sehingga anda akan merasa lebih cepat merasa lapar dan tubuh anda akan merasa lelah. Hal inilah yang bisa mengganggu program diet dan penurunan berat badan anda.

Untuk menurunkan berat badan itu butuh proses dan kesabaran , karena itu tetaplah disiplin menjalankan diet , lakukan latihan rutin dan teratur , jaga pikiran agar tidak stress dan beri cukup istirahat tubuh anda.

Baca juga : manage stres

Cara sederhana mengatasi back pain

Komentar

Baca juga