Cara efektif turunkan berat badan dengan tepat dan sehat

Masalah berat badan sepertinya tidak ada habis nya untuk di bahas. Setiap orang yang merasa kelebihan berat badan nya tentu bertanya tanya bagaimana cara turunkan berat badan dengan cepat.

Namun kita juga harus sadar menurunkan berat badan dengan cara instan itu juga memiliki banyak resiko kesehatan yang mungkin bisa timbulkan.


Berat badan kita menjadi gemuk tentu butuh proses yang cukup panjang begitu pula cara menurunkan nya .

Apakah mungkin ujug ujug tubuh anda naik 20 puluh kilo gram dalam 1 bulan tentu tidak bukan. tentu kenaika  berat badan tersebut bertahap.

Cara menurunkan berat badan pun demikian , kita harus melakukan nya secara bertahap kilo demi kilo hingga mencapai goal yang di inginkan.

mengenali penyebab utama kegemukan

Sebelum kita lanjut tentang cara efektif  turunkan berat badan dengan tepat dan sehat kita harus memahami dulu apa penyebab naiknya berat badan tersebut.

setiap orang tentu memiliki kasus yang berbeda beda dalam hal ini , namun secara umum penyebab kegemukan rata rata di picu dari kurang nya penerapan hidup sehat dan nutrisi yang seimbang.

Beberapa penyebab kegemukan dan naik nya berat badan tersebut antara lain sebagai berikut : 

1. kurangnya aktifitas fisik 
2. konsumsi makanan yang berlebihan 
3. faktor penyakit 
4 adalah faktor genetik

Dari 4 faktor tersebut di atas kurangnya aktifitas fisik dan juga konsumsi makanan berlebih memeiliki prosentase lebih tinggi di banding faktor penyakit dan genetik.

Apakah anda salah satu yang mengalami hal tersebut ? jika iya maka mulailah berubah.

Langkah langkah turunkan berat badan dengan tepat dan sehat

Jika faktor penyebab dari kegemukan tersebut ada indikasi karena penyakit sebaik nya konsultasi kan dahulu ke dokter sebelum menjalankan program penurunan berat badan

Namun jika penyebab nya karena anda kurang aktifitas fisik , terlalu banya konsumsi makanan dan punya genetik gemuk , maka langkah langkah berikut biaa di lakukan : 

1. Mulailah aktif bergerak bisa dengan olah raga atau memperbanyak aktifitas fisik lain seperti ke kantor jalan kaki atau besepeda seminggu 3 kali. 

2. Atur pola makan dengan menerapkan pola makan sehat. Kurangi jumlah konsumsi makanan dan kurangi pula ngemil yang tidak perlu.

3. Hitung jumlah kalori yang masuk ,kurangi perlaham lahan kebutuhan kalori harian tubuh kita agar tubuh kita menggunakan lemak yang ada pada tubuh kita sebagai energy.

4. Hindari makanan dan minuman yang manis manis  karena cenderung mengandung kalori yang tinggi.

5. Coba mulai konsumsi makanan yang kaya protein , selain sehat makanan yang tinggi protein juga bisa menyuplai energy dalam waktu yang lama seghingga kita tidak mudah laper.

6. Atut waktu tidur anda dan perbaiki kualitasnya. tidur memuliki peran penting dalam proses metabolisme tubuh. apabila tubuh kita kurang tidur maka keseimbangan metabolisme dan proses recovery akan terganggu.

7. Hindari stress sebisa mungkin , karena ketika seseorang mengalami stres kecenderungan ingin mengkonsumsi makanan meningkat.

hal ini disebabkan kelelahan kelenjar adreanal dan terkuras nya nutrisi tubuh kita saat mengalami stress.

Program Latihan untuk turunkan berat badan

Aktif bergerak sepanjang hari akan membuat tubuh kita membakar banyak kalori dan semakin banyak kalori yang kita bakar maka akan semakin cepat pula proses penurunan berat badan.

Jika memang memiliki waktu maka sempatkanlah melakukan olah raga secara rutin 5 kali dalam seminggu.

Apa saja olah raga yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan tepat dan sehat ?

Program latihan seminggu 5 kali 

Lakukan latihan beban pada otot otot besar sebanyak 3 kali dalam seminggu. apasaja gerakan dalam latihan tersebut ?

  • Squat 15 repetisi 3-5 set 
  • deatlift 10 repetisi 3 set
  • bech press 15 repetisi 3-5 set
  • bb/db row 15 repetisi 3 set
  • bb Lunges 10 repetisi 3 set
  • bb standing soulder pres 10 repetisi 5 set
pilih beban yang maksimal anda angkat sampai 15 repetisi saja sebagai patokan. lakukan istirahat 60 detik tiap tiap set. setelah selesei latihan beban tutup dengan latihan cardio 30 menit,gunakan eleptikal trainer /cross triner sebagai equipment.

Lakukan latihan latihan di atas pada hari 1 , 3 dan ke 5 . jika anda memulai latihan pada hari senin maka jadwal latihan di atas adalah senin , rabu dan jum at.

Berikutnya latihan di hari ke 2 dan ke empat , latihan atau gerakan pada hari kedua dan ke empat lebih fokus ke cardio dan strenght conditioning

Latihan atau gerakan yang di lakukan adalah sebagai berikut : 
  • jumping jack 30 detik rest 10 detik
  • jump in 10-15 repetisi rest 10 detik
  • kick but 30 detik rest 10 detik 
  • push up 10-20 repetisi rest 10 detik 
  • plank 60 detik rest 60 detik
lakukan latihan di atas sebanyak 3 set , beri jeda atau istirahat 60 detik per set. setelah selesei lanjutkan dengan joging 40 menit di tredmil dan di tutup dengan cross trainer 20 menit .

Jangan lupa pemanasan dan streching sebelum latihan dan lakukan pendinginan sesaat setelah selesei.

Lakukan upgrade dengan menambahkan repetisi atau set setiap 1 bulan sekali. dan jalankan program latihan ini selama 3 bulan berturut turut. 

Untuk hasil maksimal dalam menurunkan berat badan maka lakukan pula diet dengan mengurangi asupan kalori harian tubuh.

Kurangi 300-500 kalori harian tubuh anda , untuk lebih jelas nya anda bisa konsultasi ke dokter gizi atau nutrisionis.

semoga beanfaat ya gohealther , stay healthy and learn to love your body.

Komentar

  1. Kalau untuk menggemukkan badan gimana? Secara sy ini kurus bangetšŸ˜…

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer