Kenali Tanda tanda insomia dan cara mengatasinya

Insomia adalah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan tidur secara terus menerus dalam beberapa waktu

Memiliki cukup waktu untuk istirahat pada saat malam hari itu sama penting nya dengan menerapkan pola makan yang sehat dan melakukan olahraga secara rutin.


Namun nikmat nya tidur pulas di malam hari ini akan sulit kita dapat ketika kita mengalami insomia.

Gangguan tidur ini bisa menyebabkan beberapa penyakit yang berbahaya seperti diabetes , tekanan darah tinggi , kegemukan dan mebingkatnya resiko terkena penyakit jantung.

Insomia juga bisa menyebabkan tubuh kita merasa lelah sepanjang hari sehingga mengganggu aktifitas harian kita.

Mengenal apa itu insomia

Mungkin kita semua sudah tau apa itu insomia . Insomia adalah gangguan tidur saat malam hari yang di alami oleh seseorang dalam jangka waktu tertentu.

Saat insomia maka kualitas tidur kita akan menjadi semakin buruk dan waktu tidur yang kita butuhkan akan semakin berkurang.

Seseorang bisa di diagnosa mengalami insomia apabila mengalami kesulitan tidur selama tiga hari berturut turut selama seminggu.

Jika mengalami kesulitan tidur tersebut belanjut terus menerus kurang dari 3 bulan maka bisa di kategorikan insomia sedang.

Namun jika terus berlanjut hingga lebih dari tiga bulan berturut turut bisa di kategorikan insomia berat atau parah.

Baca juga : Selain kuatkan tulang , inilah manfaat mengkonsumsi keju

Tanda tanda insomia

Jika kita mengalami hal hal berikut saat istirahat di malah hari maka bisa di kategorikan mengalami insomia,baik itu insomia ringan , sedan ataupun insomia berat.

- Susah memejamkan mata meskipun sudah di tempat tidur kurang lebih 30-60 menit sebelum kita terlelap di pagi hari. syndrom ini sering terjadi pada anak usia remaja.

-  Terlelap sebentar dan bangun lagi hingga dua atau tiga kali ketika istirahat di malam hari. syndrom ini lebih sering di alami oleh orang dewasa.

- Bangun di tengah malam dan sulit untuk memejamkan mata lagi untuk istirahat.

- Tidur namun tidak nyenyak hingga pagi tiba dan sering terjaga berkali kali , sehingga saat bagun pagi tubuh kita merasakan lelah dan letih seperti tidak tidur.

Empat hal di atas bisa menjadi tanda tanda insomia yang perlu kita waspadai . segeralah konsultasi ke dokter , mulai melakukan gaya hidup sehat .

Baca juga : 5 langkah tingkatkan kualitas tidur

Faktor penyebab insomia 

Isomia bisa terjadi pada siapa saja baik itu anak muda ,orang dewasa bahkan mereka yang sudah mamiliki usia senja.

Beberapa faktor berikut ini bisa menjadi penyebab seseorang mengalami insomia.

 1. Faktor usia

Usia bisa menjadi salah satu faktor pemicu daribinsomia , semakin bertambah usia kita kemungkinan kita mengalami insomia semakin tinggi , hal ini di sebabkan banyaknya tututan atau beban dalam kehidupan yang semakin berat.

2. keturunan dan genetik

Beberapa orang mengalami insomia dan menurun pada keluarga nya ada juga orang yang cenderung memilki insomia secara genetik.

3. faktor pekerjaan

Kerja bisa menjadi salah satu faktor pemicu insomia terutama mereka yang bekerja pada shift malam sehingga mengganggu jam istirahat yang teratur

4. Lingkungan 

Lingkungan yang cenderung bising banyak suara kendaraan lalu lalang bisa memyebabkan insomia bagi sebagian orang.

5. Cuaca 

Cuaca yang panas juga akan membuat tidur kita terganggu.

6. Gaya hidup 

Gaya hidup orang orang moderen yangvtak pernah lepas dari smartphone bisa memicu insomia secara akut.

7. Stress

Stress bisa membuat kita gelisah dan akn sulit memejamkan mata untuk terlelap dalam tidur.

8. Gender

Wanita lebih rentan mengalami insomia di bandingkan pria. 

Cara mengatasi Insomia 

Jika kita mengalami insomia yang akut maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan  penanganan yang lebih lanjut.

Atau mungkin kita bisa mengatasi insomia dengan beberapa langkah berikut .

- Kurangi konsumsi kafein seperti kopi teh atau sejenis nya saat malam hari. karena kandungan kafein pada kopi teh atau coklat bisa membuat kita susah tidur.

- Mualailah olah raga secara rutin , bisa jalan kaki , bersepeda dan latihan beban. karena olah raga secara rutin bisa meningkatkan kualitas tidur kita.

- Kurangi konsumsi air saat menjelang tidur , hal ini untuk menurunkan volume buang air kecil saat malam hari yang bisa mengganggu kualitas tidur kita

- Kurangi strees dengan selalu berfikir positif , lakukan yoga atau meditasi , bisa juga dengan perbanyak dzikir bagi yang muslim.

- Matikan ponsel saat malam hari terutama saat kita menjelang tidur.

- matikan lampu , karena tidur dengan keadaan gelap akan meningkatkan kualitas tidur kita

- Buat kamar tidur senyaman mungkin , susanan kamat tidur yang sejuk dan nyaman akan membantu mengatsi insomia.

Sebisa mungkin hindari pemakaian obat tidur untuk mengurangi insomia, kecuali insomia anda sudah benar benar akut.

Adakah dari sobat gohealth yang saat ini mengalami insomia ? 

Semoga bermanfaat , dan selalu jag kesehatan ! 


  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>