Selain kuatkan tulang,inilah manfaat mengkonsumsi keju


Keju merupakan makanan yang memiliki kandungan kalori sangat tinggi. Dalam satu ons keju rata rata memiliki kandungan kalori sebesar 350-400 kalori.

Meski tinggi kalori konsumsi keju dalam batas wajar bisa memberikan manfaat bagi kesehatan . 

Produk turunan dari susu ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak bisa di pandang sebelah mata.

Kandungan nutrisi penting pada keju

keju mengandung beberapa nutrisi penting yang di butuhkan oleh tubuh. apa saja kandungan nutrisi keju ?

1. protein 

Keju sangat kaya dengan kandungan zat pembangun ini , tiap ons dari keju memiliki kandungan protein sebesar  22 gram atau 22 persen dari total berat nya adalah zat pembangun.

2. Lemak 

meski dikenal buruk namun nyatanya lemak juga bisa memberi manfaat bagi tubuh kita sebagai sumber energy yang baik.

kandungan lemak pada keju sangat tinggi yaitu mencapai 33 persen dari total berat nya.  

3. Calsium

Mineral penting bagi tulang ini juga terdapat pada keju. bahkan keju merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. tiap satu ons keju mengandung 710 miligram calsium.

4. phosporus 

Tidak hanya kaya calsium keju juga memiliki kandungan phosphorus yang sangat tinggi yaitu mencapai 455 miliigram per ons nya

5. Zinc 

Mineral berikutnya yang terdapat pada keju adalah zinc , kandungan zinc pada keju mencapai 3.64 milligram.

6. Vitamin A

Meski bukan buah namun keju sangat kaya akan vitamin A . tiap ons keju mengandung vitamin A , RAE sebesar 330 microgram . 

7. Vitamin K

vitamin lain yang terdapat pada keju adalah vitamin K , keju mengandung vitamin K sebesar 2.4 microgram.

Selain nutrisi yang di sebut di atas keju juga masih memiliki kandungan nutrisk yang lain seperti vitamin D , vitamin E , folate , vitamin B , sodium , magnesium dan juga iron.

Manfaat kesehatan dari keju

Banyak yang beranggapan bahwa konsumsi keju itu bisa bikin gemuk hal ini tidak lepas dari keberadaan kandungan lemak pada keju yang terbilang tinggi.

Namun keju juga memberi dampak positif bagi tubuh kita jika di konsumsi oleh orang yang tepat dan juga dengan takaran yang tepat.

Berikut manfaat yang bisa kita dapat dari konsumsi keju dalam jumlah yang tepat.

1.Meningkatkan berat badan 

Bagi mereka yang underweight konsumsi kenju bisa membantu untuk meningkatkan berat badan mereka menjadi lebih ideal

2. meningkatkan masa otot 

Keju merupakan sumber protein yang sangat baik untuk meningkatkan masa otot. jika masa otot tubuh kita tinggi maka tubuh kita akan lebih cepat dalam membakar lemak tubuh.

3. Optimalkan  pertumbuhan anak

Kandungan zat pembangun dan juga kalsium mebuat keju sangat baik untuk anak anak hingga remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.

Dengan mengkonsumsi keju dan juga di imbangi konsumsi makanan lain dengan gizi seimbang maka pertumbuhan anak akan menjdi optimal.

4. Kuatkan tulang 

Konsumsi keju bisa membuat tulang kita menjadi semakin kuat . hal ini di karenakan kandungan calsium dan juga vitamin K yang ada pada keju sangat melimpah.

5. Sumber Kalori yang baik 

Keju bisa jadi sumber kalori yang baik bagi tubuh kita. keju terdiri dari lemak yang memiliki energy 9 kalori per gram nya. 

Kandungan lemak pada keju membuat keju lebih lama untuk dincerna sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah.

6. menjaga kesehatan mata 

Kandungan vitamin A pada keju bisa menjadi menjaga kesehatan retina mata kita dari kerusakan. 

7. menjaga kesehatan otot dan syaraf

Manfaat keju kali ini berasal dari kandungan phosphorus nya yang cukup tinggi .

Konsumsi makanan yang kaya akan phosphorus visa meningkatkan kesehatan sistem syaraf dan membantu kontraksi pada otot otot tubuh kita.

Resiko yang konsumsi keju berlebihan

Selain manfaat kesehatan konsumsi keju juga memiliki resiko . beberapa orang mungkin bisa mengalami resiko ini jika terlalu berlebihan dalam konsumsi keju.

Beberapa resiko kesehatan tersebut antara lain : 

  • Meningkatkan berat badan 
    • bagi yang sedang diet konsumsi keju kurang di anjurkan hal ini terkait kandungan kalori pada keju yang cukup tinggi. 
  • Meningkatkan resiko darah tinggi
    • Keju mengandung sodium yang terbilang tinggi , oleh karena itu konsumsi keju berlebihan bisa meningkatkan resiko darah tinggi.
  • Meningktkan LDL
    • Kandungan lemak jenuh pada keju bisa memicu naiknya kadar kolesterol pada tubuh, jika kita konsumsi keju secara berlebihan.
Semoga bermanfaat ya gohealther,stay healthy and learn to love your body .

Komentar

Postingan Populer