Pas untuk berbuka ,inilah manfaat kesehatan dari semangka

Semangka memiliki kandungan air sebesar 91 persen dari total berat nya. Oleh karena itu buah ini sangat pas buat kita jadikan takjil saat berbuka puasa. buah semangka juga dipercaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh kita.


Sebelum membahasa manfaat kesehatan dari buah semangka ini . lebih dahulu kita ketahui yuk fakta nutrisi buah semangka. 

Mengutip dari lama Usda food data central , inilah kandungan nutrisi yang terdapat pada buah semangka :
  • Nutrisi utama
    • Air  91 g
    • Karbohidrat  7,55 g
    • protein  0.61 g
    • lemak  0.15 g
    • Fiber   0.4 g
    • sugar  6.2 g
  • Mineral 
    • calsium  7 mg
    • iron  0.24 mg 
    • magnesium  10 mg 
    • phosphorus 11 mg 
    • potassium 112 mg 
    • sodium 1 mg
    • zinc 0.1 mg 
  • vitamin
    • vitamin c  8.1 mg 
    • thiamin  0.033 mg
    • riboflavin 0.021 mg
    • niacin 0.178 mg
    • vit B-6 0.045 mg
    • Folate 3 mcg
    • vit A,RAE  28 mcg
    • vit A,IU  569 IU
    • vit E  0.05 mg
    • vit K  0.1 mg 
  • total lemak
    • Lemak jenuh  0.016 g
    • lemak takjenuh tunggal  0.037 g
    • lemak takjenuh ganda 0.05 g
    • Kolesterol  91.45 mg
Nah setelah tau fakta nutrisi dari buah semangka , berikut nya kita akan bahas manfaat nutrisi dari buah semangka. apa saja manfaat kesehatanya ? berikut ulasan nya : 

1. mencegah dehidrasi

kurang minum air bisa membuat tubuh kita mengalami dehidrasi , oleh karena itu konsumsi buah buahan sangat di anjurkan.

Buah semangka merupakan pilihan yang tepat untuk mencegah terjadinnya dehidrasi tersebut. hal ini di karenakan 91 persen kandungan semangka adalah air.

2. menyehatkan jantung 

Salah satu penyebab utama kematian di dunia ini adalah penyakit jantung. 

salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung adalah diet sehat dan olah raga teratur.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa kandungan lycopen yang ada pada buah seperti semangka ini berpotensi menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

3. Menyehatkan kulit dan rambut

Dua komponen yang bisa membuat rambut dan kulit menjadi sehat adalah vitamin A dan C.

Vitamin A sangat penting bagi kesehatan kulit kita, vitamin berfungsi membentuk dan memperbarui sel sel kulit kita yang rusak.

Bitamin c berperan membentuk colagen yang bisa membuat kulit kita tetap lembab dan juga rambut kita menjadi kuat.

kandungan likopen pada semangka akan melindungi kulit dan juga rabut kita dari sinar matahari.

4. Sebagai antioxidant 

Kandungan lycopen dan juga vitamin c pada buah semangka bisa mencegah peradangan pada tubuh kita . vitamin c dan lycopen juga di kenal sebagai antioxidant yang bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

5. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A dan juga caretenoid yang ada pada buah dan sayur sangat baik bagi kesehatan retina mata kita.

Lycopen dan juga vitamin A juga bisa mencegah penurunan daya lihat yang terjadi pada orang yang sudah lanjut usia.

6. Menurunkan tekananh darah tinggi

Kabar baik bagi kalian yang mengalami masalah dengan tekanan  darah tinggi.  hal ini dikarenakan dua kandungan antioxidant yaitu L-citrulin dan L-agrini yang ada pada buah semangka ini dibpercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Mencegah nyeri otot

Konsumsi satu gelas jus semangka sesaat sebelum melakukan latihan bisa mencegah nyeri pada otot yang sering terjadi pasca latihan intensif.

Salain mencegah nyeri otot kandungan citrulin dan argini pada semangka juga menjaga detak jantung tetap stabil dan meningkatkan performa saat latihan.

Namun perlu di catat konsumsi semangka juga kurang baik bagi mereka yang memilki penyakit diabetes.hal ini karena kandungan gula alami pada semangka yang cukup tinggi.

Cara terbaik konsumsi semangka adalah dengan mengkonsumsi nya langsung setelah di potong dan di buang kulit nya.

Menjadikan semangka sebagai jus akan menghilangkan kandungan serat dan mempermudah tubuh kita dalam mencerna gula pada semangaka tersebut sehingga bisa memicu naik nya gula darah.

so stay healthy ya gohealther.






















Komentar

Postingan Populer