Cegah dehidrasi saat puasa

Ramadhan adalah bulan yang paling di nanti bagi umat islam di seluruh penjuru dunia. seluruh umat islam pada bulan ramadhan menjalankan puasa sebagai bentuk ketaqwaan mereka kepada tuhan yang maha esa.

Di indonesia sendiri waktu puasa kurang lebih 12 jam lamanya. Selama 12 jam itu tubuh kita tidak di berikan asupan baik itu makanan maupun minuman. 

Tanpa makanan selama 12 jam tidak akan membuat tubuh kita mengalami masalah hal ini di karenakan tubuh kita bisa mengubah glikogen yang ada pada otot kita untuk di jadikan energy.

Lalu bagaimana tubuh kita jika selama 12 jam tanpa asupan air ? besar kemungkinan kita akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Resiko tubuh kita mengalami dehidrasi bisa di pengaruhi oleh faktor cuaca yang panas , aktifitas fisik yang padat dan kurang nya konsumsi air saat buka maupun sahur.

Apa itu dehidrasi ?

Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana tubuh kita mengalami kegilangan banyak cairan tubuh yang di akibatkan oleh penyakit atau hal hal lain .

Faktor penyebab terjadinya dehidrasi pada tubuh sangat beragam . dehidrasi bisa di sebabkan oleh faktor penyakit seperti diare dan juga muntahber. adanya aktifitas fisik yang berat seperti olah raga , bekerja dll. 

Faktor lain penyebab dari dehidrasi bisa juga dari kurang nya asupan air , terlalu banyak konsumsi makann atau minuman yang mengandung kafein dan cuaca yang panas.

Nah dari sini udah paham kan apa itu dehidrasi...??? kalau udah kita lanjut...!! tapi kalau belum baca lagi ampek kalian paham ye....!!!

Untuk mengatasi atau mencegah dehidrasi pada saat menjalankan ibadah puasa ada beberapa langkah yang harus kita lakukan .

1. Konsumsi cukup air putih saat saur dan buka

Usahakan konsumsi air putih yang cukup saat kita berbuka puasa dan juga saat makan sahur. Dengan konsumsi air putih yang cukup maka resiko mengalami dehidrasi saat puasa bisa di cegah.

2. Konsumsi buah buahan 

Konsumsi buah buahan segar saat makan sahur dan juga saat berbuka puasa sangat di anjurkan. buah buahaan segar sangat kaya kandungan air sehingga bisa menyuplai kebutuhan air tubuh kita selama puasa.

3. Konsumsi sayuran segar 

Konsumsi pula sayuran segar , selain kaya nutrisi sayuran segar juga kaya akan kandungan air. 

4. Hindari kafein saat makan sahur

Jika anda pecinta kopi dan juga teh sebaik batasi dulu konsumsi dua minuman tersebut terutama saat makan sahur. efek deuretik yang di timbulkan dari dua minuman ini bisa memicu tubuh kita mengalami dehidrasi saat puasa. 

5. Batasi aktifitas olah raga

Jika kalian orang yang aktif berolahraga maka saat menjalankan ibadah puasa coba kurangi sedikit durasi olah raga kalian. pilih waktu yang tepat untuk melakukan olah raga. waktu yang tepat untuk melakukan olah raga saat puasa adalah satu jam menjelang buka puasa. hal ini dengan alasan agar tubuh kita lebih cepat mendapat asupan cairan saat selesei melakukan olah raga.

Dengan melakukan langkah langkah di atas kemungkinan tubuh kita mengalami dehidrasi bisa di cegah dan puasa kita bisa berjalan dengan lancar tanpa takut dehidrasi.




 



Komentar

  1. iya tips bagus, nnti ps puasa biar ga haus, saya akan memperbanyak konsumsi air putih pas waktu siang

    BalasHapus
  2. pura-pura lupa kalo lagi puasa gan ,wkkwk

    BalasHapus
  3. wah noted, supaya puasa nanti lebih lancar. yang penting cukupkan banget olahraga dan istirahat yang kualitas juga tentu nya minum, insyaallah nanti puasa jadi sedikit enteng 💪🏻

    BalasHapus
  4. nice mas, izin share ke grup wa keluarga

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer