Kenali fakta nutrisi dan manfaat kacang adzuki

Kacang adzuki atau biasa kita kenal sebagai kacang tolo merah ini merupakan sumber potassium yang sangat luar biasa. lo bayangin aja bro ... dalam satu ons atau seratus gram kacang adzuki ini mengandung 1254 mg potassium ... !!!

Selain kaya akan potassium si adzuki ini juga sangat kaya fiber...!! berapa kandungan fibernya....??? kandungan fiber pada seratus gram adzuki ini adalah 12.5 gram. gile kan...!!

Sebelum ngomongi panjang lebar soal fakta nutrisisi dan manfaat dari si kacang tolo alias adzuki ini sebaik nya kita kenalan dulu dong ya ma si adzuki.

Apa itu kacang adzuki ?

kacang adzuki merupakan kacang merah kecil atau di sebut kacang tolo. kacang azuki ini biasa di sajikan dalam campuran masakan. kacang adzuki berasal dari asia timur yaitu jepang ,china dan juga semenanjung korea.

Di jepang adzuki merupakan polong polongan yang sangat penting setelah kedelai. jumlah konsumsi pertahun mencapai 140.000 ton per tahun. 

Fakta nutrisi kacang adzuki

Dalam takaran seratus gram atau satu ons kacang azuki memiliki nilai nutrisi sebagai berikut. 

  • Nutrisi utama
    •  Air 13,44 g
    • Energy 329 kcal
    • Carbo 63.9 g
    • Protein 19.87 g
    • Fat 0.53 g
    • Fiber 12.7 g
  • Mineral 
    • Calsium 66 mg
    • iron 4.98 mg
    • Magnesium 127 mg
    • Phosphorus 381 mg
    • Potassium 1254 mg
    • zinc 5 mg
  • Vitamin
    • Thiamin 0.455 mg
    • Riboflavin 0.22 mg
    • Niacin 2.63 mg
    • Vit B-6 0.351 mg
    • Folate 622 mcg
  • Lipid
    • Lemak jenuh 0.191 g
    • Lemak takjenuh tunggal 0.05 g
    • Lemak takjenuh ganda 0.113 g
    • Kolesterol 13.44 mg
Gimana bro menurut kalian kandungan nutrisi dari kacang adzuki ini wooow kan ???
woow banget lah pastinya... !! 
kalau udah tau kandungan nutrisi pada kacang adzuki sekarang kita akan gali nih apa saja manfaat nya buat kesehatan. 
kira kira apa hayooo.....??? 
ok langsung aja , baca di bawah ini sampek habis biar lo pada nggak penasaran...!!

Manfaat kacang adzuki untuk kesehatan 

1.Menyehatkan pencernaan

Kacang adzuki sangat kaya akan fiber. mengkonsumsi satu ons kacang adzuki bisa memenuhi 40 persen kebutuhan harian tubuh kita akan fiber broo....!!!

manfaat kesehatan yang bisa kita dapat dari konsumsi makanan yang kaya akan fiber adalah bisa mencegah konstipasi atau sebelit alias susah bab ... !!! 

2.Menurunkan resiko diabetes type 2 

Masih berkaitan dengan kandungan serat yang terdapat pada kacang adzuki .Beberapa study menunjukan bahwa orang yang megkonsumsi makanan tinggi fiber memiliki resiko terkena diabetes type 2 lebih rendah. 

Makanan yang kaya akan fiber terutama  solube fiber berpotensi menurunkan level gula darah , hal ini dikarenakan makanan yang mengandung tinggi fiber lebih lambat untuk di proses segingga tidak menimbulkan lonjakan gula darah secara drastis.

3. Menurunkan resiko penyakit jantung

Kacang adzuki juga berpotensi menurunkan resiko terkena penyakit jantung seperti jantung koroner , stroke dan serangan jantung.

Ada dua faktor yang bisa menjadi alasan baha kacang adzuki bisa menurunkan resiko penyakit jantung. yang pertama adanya kandungan fiber dan potassium yang sangat tinggi.

Penelitian dari havard university dan juga National institut of health menunnjukan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan fiber dan potassium yang tinggi memiliki 40 resiko terkena penyakit jantung lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi makanan dengan kandungan sedikit fiber dan potassium.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Darah tinggi merupakan faktor utama penyebab jantung koroner dan juga stroke. maengkonsumsi makanan yang kaya akan potassium bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 

Penelitian di National institut of health menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan rendah potassium dan tinggi sodium sangat beresiko terkena tekanan darah tinggi.

5. Menjaga kesehatan tulang

Kacang adzuki berpotensi meningkatkan Kesehatan tulang . kandungan potassium atau kalium pada kacang adzuki mencapai 1254 mg atau mencukupi 26 persen dari kebutuhan harian kalium tubuh kita.

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium atau potassium seperti buah ,sayur,kacang kacangan dan juga polong mampu meningkatkan kepadatan tulang kita broo...!!! 

6.Mencegah batu empedu

Masih tentang kalium atau potassium yang ada pada adzuki nih . selain menguatkan tulang kandungan kalium pada kacang adzuki ini juga berpotensi mencegah batu empedu. 

Kekurangan asupan potassium atau kalium bisa menyebabkan tubuh kita kehilangan banyak calsium pada tulang , Calsium yang terbuang melalui saluran kencing inilah yang bisa menumpuk sehingga menjdi batu empedu atau biasa kita sebutbkencing batu.Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalium maka hal tersebut bisa di cegah.

7.Sumber energy tubuh

Kita bisa memanfaatkan kandungan karbohydrat pada kacang adzuki ini sebagai sumber energy broo...!! hanya dengan konsumsi satu ons saja kita bisa memenuhi 12,5 persen kebutuhan kalori harian tubuh kita berdasarkan kebutuhan kalori rata rata orang dewasa. 

8. Mencegah katabolik

Kacang adzuki juga berpotensi bisa meningkatkan masa otot tubuh . hal ini di karenakan kandunga protein yang ada pada kacang adzuki sebesar 19 persen .

protein membantuk membercepat pemulihan sel sel tubuh dan membangun jaringan otot.mengkonsumsi makanan kaya akan protein bisa mencegah penyusutan otot pada tubuh kita.

9. Mencegah anemia 

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kita kekurangan sel darah merah. Konsumsi kacang adzuki kemungkinan besar bisa mengatasi masalah tersebut. hal ini di karenakan kandungan folate pada kacang adzuki yang tergolong tinggi. Folate membantu tubuh kita untuk bisa memproduksi  sel sel darah merah tersebut sehingga bisa mencegah timbul nya anemia.

10. Mencegah bayi lahir cacat

Konsumsi makanan yang kaya akan folate seperti kacang adzuki ini sangat baik untuk wanita yang sedang hamil. Folate merupakan nutrisi yang bermanfaat membangun DNA dan juga mencegah terjadinya bayi cacat saat di lahitkan.

Giman nih menurut kalian Gohealther....??? buuuanyak kan manfaat dari si kacang adzuki atau si kacang tolo ini. jadi kalo kalian mo dapetin manfaat kesehatan nya kalian bisa masukin tuh kacang adzuki atau kacang tolo ini ke dalam menu diae harian kalian...!!

So stay healthy and learn to love your body ya Gohealther....!!!










Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer