Pahami apa itu plank dan manfaatnya

Plank merupakan gerakan statis yang sangat baik untuk melatih otot otot pusat tubuh atau biasa kita sebut dengan core. Latihan ini tergolong sangat simple dan cocok buat kalian yang mager alias males gerak karena saat melakukan latihan plank kalian tidak bergerak sama sekali .


Eiiitthh tunggu dulu ... !! kallian sudah pada tau apa itu plank ?? kalau belum tau go health akan kasih tau . ok baca dengan teliti ya sapa tau admin nya tipo jadi kalian bisa koreksi..!!

Apa itu plank ??

Plank adalah latihan fisik yang melibatkan otot perut ,lower back , pinggul , paha soulder dan juga otot dada , plank merupakan latihan isometrix dimana otot tubuh yang terlibat tidak mengalami kontraksi memanjang maupun memendek atau statis.

Plank di lakukan berdasar hitungan waktu antara 30 - 60 detik. Plank sangat simple untuk di lakukan dan tanpa menggunakan equipmet khusus yang di perlukan.

Plank memiliki variasi gerak yang cukup banyak diantara nya shoulder plank , side plank , plank with arm rises , plank with leg raise dan lain lain.

dari sini sudah paham kan kalian tentang apa itu plank .... ? kalau udah paham kita lanjut kan bagai mana cara melakukan plank ... ??

Cara melakukan plank 

Sebelum melakukan plank lakukan pemanasan dan streching 5-10 menit terlebih dahulu. hal ini penting untuk meningkatkan respon otot terhadap latihan dan untuk meningkatkan denyut jantung.


  • atur posisi tubuh menghadap kelantai lantai dengan bertumpu pada 2 siku kita serta ujung kaki.
  • kontraksikan otot perut,pinggul dan paha untuk menahan tubuh agar tidak turun.
  • tahan pada posisi tersebut minimal selama 30 detik.
  • ulangi 3 sampai 5 set per exercise.
  • jika kalian sudah terbiasa lakukan pula variasi gerakan plank yang lain 
Manfaat dari latihan plank

Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari latihan plank . Manfaat dari plank bisa kita dapatkan apabila kita rutin dan melakukan plank dengan benar. manfaat yang bisa kita dapat dari latihan plank antara lain :

1. Menguatkan lower back 
  • melakukan plank secara teratur akan membuat otot lowe back atau pinggang kita menjadi semakin. otot lower back memiliki peran yang sangat vita pada aktifitas keseharian kita . baik itu untuk angkat barang , gendong anak dan lain lain semua melibatkan otot lower back kita.
2.Membentuk dan mnguatkan otot perut
  • Jika kalian mo membentuk otot perut maka lakukanlah latihan plank. plank tidak hanya bisa membuat otot perut menjadi kuat tapi plank juga bisa membuat perut kalian sixpax . 
3. mengencangkan pinggul
  • Melakukan plank bisa membuat pinggul atau bokong semakin kencang. untuk mendapatkan manfaat ini lakukan variasi plank yaitu plank with single leg raises dan juga side plank.
4. menguatkan otot paha 
  • otot paha akan menjadi lebih kencang dan berotot . untuk mendapatkan manfaat ini lakukan latihan plank with single leg raises ,  side plank dan souder plank with arm raises 
5. menguatkan otot bahu dan dada
  • plank sangat baik untuk menguatkan otot bahu dan juga otot dada. dalam latihan plank otot soulder dan otot dada kita ikut menopang berat badan secara keseluruhan.
Nah gimana gohealther udah tertarik belum untuk melakukan plank ... ??? sekalian nih gohealth kasih program HIIT dengan plank. kalian visa cobain di rumah .... !!! 

HIIT dengan plank 
  • plank 30 detik rest 10 detik
  • plank 60 detik rest 20 detik 
  • Plank 90 detik rest 30 detik 
  • plank 60 detik rest 20 detik
  • plank 30 detik rest 10 detik
Coba kalaian lakukan ya latihan  di atas 1 set boleh 2 set boleh 3 set good 5 set joos ....!!! lakukan istirahat 60 detik tiap tiap set nya ya ....!! ingat lakukan dengan benar ... !!
semoga bermanfaat.






Komentar

  1. Baru paham soal plank dan manfaatnya. Trimakasih thor

    BalasHapus
  2. Mantap sekali informasi soal plank, sangat bermanfaat bosku. Keep up the good work

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer