Yuk kenali manfaat squat

Dalam gerakam squat otot otot mayor atau otot besar pada tubuh kita bergerak keseluruhan. Otot otot mayor yang terlibat pada gerakan squat ini adalah otot gluteus maximus , gluteus medius , quadricep femoris , abdominal dan juga otot punggung.

image by freepik

Akhir akhir ini di  media ramai di bicarakan tentang seorang pria asal filipina yang meninggal dunia akibat dinhukum dengan melakukan squat sebanyak 300 kali. gila...kan...!! nah...kalian apakah sudah paham apa itu squat...?? ikuti penjelasan dari gohealth apa itu squat.

Apa itu gerakan squat ?

Squat merupakan gerakan dalam latihan fisik yang melibatkan otot otot besar tubuh bagian kita secara bersamaan dengan menggunakan beban maupun tanpa beban.

Gerakan squat hampir selalu menjadi pilihan untuk latihan ketahanan pada semua cabang olah raga.Mulai dari tinju , angkat besi , lari , tenis , sepak bola dan lain lain.

Untuk mengetahui bagaimana cara melakukan squat kalian bisa lihat gambar di atas . sperti itulah gambaran simple cara melakukan squat. 

Untuk lebih rinci tentang bagaimana melakukan squat kalian bisa baca penjelasan gohealth berikut. dalam penjelasan kali ini gohealt coba uraikan cara melakukan squat tanpa beban atau bodyweight training.
  1. Berdiri tegak degan kedua kaki terbuka selebar bahu kita
  2. Busungkan dada dan tarik nafas pelan pelan sambi turunkan tubuh kita seperti hendak duduk di kursi.
  3. turunkah tubuh kita sehingan posisi paha sejajar dengan lantai dan lutut membentuk sudut 90 derajat.
  4. tahan pada posisi ini 1-2 detik 
  5. Lalu pelan dan angkat tubuh kita kembali keposisi semula dan hembusakan nafas perlahan.
  6. lalu ulangi lagi hingga 15-20 repetisi perset nya 
  7. Lakukan gerakan squat minimal 3 set.
Gerakan squat ini memiliki banyak manfaat  bagi tubuh kita apabila di lakukan secara rutin dan benar. manfaat yang bisa kita dapat dari gerakan squat yaitu :

1. Tingkatkan endurance and strenght

Squat sangat baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh kita karena squat  merupaka latihan yang menggerakan seluruh anggota tubuh kita secara bersamaan .squat juga sangat baik untuk meningkatkan power atau kekuatan otot tubuh kita.

2. Sehatkan jantung 

Dalam melakukan squat otot jantung kita akan dipacu untuk berdetak lebih kencang sesuai dengan intensitas latihan yang kita lakukan. inilah alsan mengapa squat itu sangat baik untuk kesehatan jantung.namun perlu di perhatikan jangan samlai over training karena justru akan membahayakan.

 3. Membentuk otot paha yang kokoh

Gerakan squat sangat baik untuk membentuk otot paha kita.otot paha yang terlibat adalah otot quadrisep femoris. jika kalian ingin memiliki otot paha seperti para pemain bola maka sering seringlah lakukan gerakan squat ini.

4. Mengancangkan dan membentuk otot pinggul

Gerakan squat juga bisa membuat otot pinggul atau bokong menjadi kencang dan juga padat berisi. gerkan squat melibatkan otot pinggul secara keseluruhan yaitu glueteus maximus dan gluteus medius.

5. Bentuk perut Six pax  

Bukan hanya leg raises , sit up ataupun death lift saja yang bisa memahat otot perut kita menjadi sixpax. squat juga sangat baik untuk memahat otot perut kita agar bisa menjadi sixpax.

 6. Kuatkan otot lower back

Lower back atau punggung bagian bawah adalah bagian yang sangat penting. untuk membuatnya menjadi kuat maka lakukanlah latihan squat ini secara rutin dengan teknik yang benar.

Ada beberapa variasi dari gerakan squat yang bisa kalian lakukan tanpa beban atau body weight training . Gerakan squat tersebut yaitu squat , side o side squat , power squat , split squat dan juga jump squat.  Lakukan gerkan sekuat setidak nya 20 repetisi dan ulangi 3 hingga 5 set untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

 


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer