5 Langkah mudah tingkatkan kualitas tidur

Tidur akan mengembalikan organ organ tubuh dan juga memori kita yang lelah kembali menjadi segar kembali.

Waktu tidur yang di butuhkan oleh tubuh kita adalah 16-18 jam per hari namun itu dulu saat kita masih menjadi bayi. setelah tumbuh menjadi anak anak dan remaja waktu yang kita butuhkan adalah 9,5 jam per hari . lalu berapa jam waktu yang kita butuhkan untuk tidur setelah kita dewasa seperti saat sekarang ? jawabannya adalah 7-8 jam per hari.



Tidur adalah rutinitas yang sangat sangat penting yang kita lakukan setiap hari. Hampir sepertiga waktu dalam 24 jam kita habis kan untuk tidur terutama di malam hari. Waktu tidur memang penting namun lebih penting lagi adalah kualitas dari tidur itu sendiri.

kualitas tidur yang baik sangat penting untuk proses pemulihan jaringan otak kita untuk belajar dan mengingat agar segar kembali.  pemulihan sel sel tubuh yang rusak serta pembuangan racun dalam tubuh juga terjadi saat tubuh kita tidur.

Seperti apa kualitas tidur yang baik itu ?

Tidur kita di katakan berkualitas jika tubuh kita bisa terlelap setelah kurang dari 30 menit merebahkan tubuh di atas ranjang lalu terbangun saat pagi menyingsing .

Sedangkan kualitas tidur bisa di katakan buruk apabila kita baru bisa terlelap setelah lebih dari 30 menit merebahkan tubuh di atas ranjang lalu terbangun beberapa kali saat malam dan tidur lagi sampai pagi.

Sudah pada berkualitas kah tidur kalian gohealther ? jika belum maka segera perbaiki kualitas tidur kalian karena hal ini sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Cara tingkatkan kualitas tidur

Guna memperbaiki dan meningkat kan kualitas tidur kita maka lakukanlah langkah langkah yang telah gohealht tulis di bawah ini ,tentang cara tingkatkan kualitas tidur .

1. matikan smartphone 

Kebiasan menggunakan smartphone saat mau tidur bisa mengganggu kualitas tidur kita. alih alih langsung terlelap tidur setelah naik di pembaringan kita justru malah asik dengan smartphone hingga lupa larut malam sehingga jam tidur jadi berkurang. oleh karena itu matikan smartphone kita saat kita beranjak ke tempat tidur.

2. Matika  lampu 

Matikan lampu saat tidur juga bisa membantu dalam meningkatkan kualitas tidur kita. tidur dalam ke adaan gelap juga membantu tubuh kita dalam memproduksi hormon melantonin.

3. Lakukan olah raga

Lakukan olah raga ringan seperti joging , melakukan step up , bersepeda statis , angkat beban dan melakukan HIIT selama 20 - 30 menit setiap hari.  Lakukan salah satu olah raga tersebut 3 jam sebelum waktu tidur tiba.

4. Hindari cafein 

kafein merupakan mood boster yang bisa membuat kita bersemangat terus menerus . oleh karena itu coba hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein ini di saat malam hari. selain efek mood boster kafein juga memiliki efek deuretic yang bisa meningkatkan volume buang air kecil. efek inilah yang bisa mengganggu tidur kita karwna kita akan sering terbangun untuk buang air kecil.

5. Lakukan relaksasi

Gunakan audio yang pelan untuk mendenagarkan beragam lantunan musik musik clasic ,musik instrumental klasik degung bali ,sunda atau dengerin tembang jawa khusus bagi orang jawa , jika kita seorang muslim bisa pula dengarkan lantunan ayat ayat suci alqur an untuk relaksasi.

Jika tidak suka musik bisa putar audio bermacam macam suara alam seperti suara hujan , petir , ombak , air mengalir dan suara suara binatang seperti jangkrik , burung dll bisa pula kita jadikan relaksasi pengantar tidur.

Tidur merupakan suatu hal yang sangat vital dalam pemulihan seluruh organ tubuh. Setelah kita tidur seluruh organ , baik itu jantung ,hati , ginjal dan juga memori kita kebali segar.

Hal yang harus kita waspadai adalah kurang nya waktu tidur dan buruk nya kualitas tidur mempengaruhi kondisi kesehatan. 

Orang orang yang mempunyai kuantitas dan kualitas tidur buruk memiliki resiko lebih tinggi terkena beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi , kanker , penyakit jantung , diabetes , kegemukan dan juga depresi.

Baca juga : Tetap fit dalam ancaman covid

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>