Tingkatkan hdl dengan 5 cara ini

Cara terbaik turunkan LDL adalah dengan olah raga rutin , diet sehat rendah lemak dan konsumsi makanan yang kaya fiber

Kolesterol selalu di kaitkan dengan beberapa penyakit kardiovascular.tentu kita sering mendengar penyebab beberapa penyakit seperti serangan jantung , stroke dan juga jantung koroner rata rata di picu oleh penyumbatan pembuluh darah yang di sebabkan oleh kolesterol.

Designed by pch.vector / Freepik

Walaupun sering kali di hubungkan dengan berbagai penyakit namun kolesterol bukanlah penyakit dan segala sesuatu tentang kolesterol itu tidak semuanya buruk

Kolesterol memiliki peran sangat penting bagi tubuh kita bahkan tubuh kita tidak akan bisa hidup tanpa adanya kolesterol. kolesterol berperan penting dalam pembentukan hormon esterogen dan juga testoteron, berperan dalam pembentukan membran sel dan membantu penyerapan lemak dan vitamin D.

Di dalam tubuh kita terdapat dua jenis kolesterol yaitu Low density lipoprotein atau biasa kita sebut kolesterol jahat dan High density lipoprotein atau biasa kita sebut kolesterol baik.

Ketika LDL dalam tubuh kita lebih tinggi dari HDL maka kita patut waspada. karena ini alarm pertanda buruk bagi kesehatan kita. sesegera mungkin konsultasi ke dokter sebab tinggi nya kadar LDL dalam tubuh ini lambat laun bisa memicu timbulnya penyakit jantung baik itu serangan jantung, jantung koroner dan stroke.

Untuk menekan angka kolesterol jahat tersebut maka kita harus meningkatkan kadar HDL. Lalu dengan cara apa kita bisa meningkatkan kadar kolesterol baik tersebut ? ada lima hal yang bisa kita lakukan guna meningkatkan kadar HDL , apa sajakah itu ? baca sampai habis biar kalian paham.

Baca juga : penting nya konsumsi sayur

1.Lakukan latihan fisik secara rutin

Latihan fisik seperti lari , renang angkat beban , HIIT dan juga bersepeda sangat efektif untuk meningkatkan kadar HDL dalam tubuh kita..latihan fisik juga sangat baik untuk menjga berat bada agar tetap stabil bahkan sangat baik pula untuk turunkan berat badan.

2.kurangi konsumsi makanan yang kaya lemak jenuh dan lemak trans

Mulailah mengurangi makanan makanan yang tinggi akan lemak jenuh dan lemak trans. makanan yang mengandung kedua lemak tersebut bisa memicu naik nya kolesterol dalam tubuh. selain itu kedua lemak tersebut juga berpotensi meningkatkan berat badan dan resiko diabetes type 2.

3.Konsumsi makanan yang kaya fiber

Makanan yang kaya akan fiber sangat baik untuk menurunkan LDL dalam darah kita.Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan fiber seperti Kacang almond, kacang tanah , soy bean dan jenis biji bijian lain nya sangat baik untuk menekan angka kolesterol jahat.

4.Konsumsi ikan

smua jenis ikan terutama ikan laut sangat kaya akan kandungan omega 3 yang baik untuk meningkatkan kadar HDL dalam darah kita.ikan laut juga kaya protein dan nihil lemak sehingga sangat aman buat kalian yang lagi diet dalam menurunkan berat badan.

5.konsumsi buah dan sayur

Buah buahan dan sayur sayuran sangat kaya akan serat pangan ,mineral dan juga vitamin. Konsumsi buah buahan dan sayuran juga terbukti bisa meningkatkan kadar kolesterol baik. setidak nya kita harus konsumsi 2-3 jenis buah dan sayur dalam satu minggu.

Kadar kolesterol dalam tubuh kita bisa di ukur menggunakan alat ukur khusus kolesterol dengan satuan miligram per desiliter, ukuran normalnya kadar kolesterol pada tubuh kita berdasarkan usia dan jenis kelamin adalah sebagai berikut

1.pria dan wanita usia under 19 tahun

kolesterol total 170 mg/dl

HDL 100 mg/dl

LDL 45 mg/dl

2.pria usia 20 tahun ke atas

kolesterol total 125-200 mg/dl

HDL 100 mg/dl

LDL 40 mg/dl

Wanita usia 20 tahun ke atas

kolesterol total 125-200 mg/dl

HDL 100 mg/dl

LDL 50 mg/dl

faktor utama tingginya kadar kolesterol jahat adalah pola makan yang tidak sehat. terlalau banyak konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak tran , konsumsi makanan yang tinggi gula dan garam dan kurang konsumsi buah serta sayur

selain faktor external yang berasal dari makanan yang kita konsumsi,kolesterol yang ada dalam tubuh kita 75 persen di produksi oleh hati dan sel tubuh itu sendiri.

suber artikel:

Medlineplus.gov

www.nccih.nih.gov

www.health.havard.edu

2 komentar

  1. Mualimah
    Kedengarannya sepele, tp kolesterol ini cukup mengganggu. Kalau gk suka sayuran sama buah suka pilih2 solusinya gimana bang? Cz sy ini picky eater sejak kecil
    • soenarno-Tan
      tnkq mom kunjungan nya ke blog kita , ok kalau ga suka buah n sayur sebaik nya konsumsi jenis biji bijian utuh , polong2an and kacang2 an .
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>