NUTRISI PENTING SAAT DARING

Teknology semakin memudahkan tiap orang terkoneksi satu sama lain walaupun terpaut jarak ribuan kilo. Hanya dengan jentikan jari kita bisa bertatap muka dengan menggunakan smartphone. smartphone sperti nya sudah menjadi bagian dari hidup kita , dari kita bagun tidur sampai tidur lagi .


Penggunaan smartphone saat ini bukan cuma untuk alat komunikasi saja tapi hampir semua kegiatan kita sehari hari selalu melibatkan smarphone . apalagi di tambah adanya pandemi covid 19 yang mengharuskan segala sesuatu kerjakan secara daring alias online. 

Efek samping  dari penggunaan smartphon dan juga komputer dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan mata lelah , kerusakan kornea mata dan retina serta menyebabkan  susah tidur.

Untuk mengurangi kerusakan pada kornea dan juga retina mata kita maka yang harus di lakukan adalah mengurangi pemakaian smartphone dan juga koputer yang secara berlebihan. Berikan nutrisi spesial untuk mata kita dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin A dan juga carotenoid.

Apa itu vitamin A ? 
vitamin A adalah senyawa yang tidak larut dalam air . Vitamin A bisa kita temukan pada makanan seperti telu, hati ayam ataupun sapi, buah dan juga sayur. 

Vitamin A tidak hanya menyehatkan mata kita , tetapi vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan gigi , tulang dan tulang rawan dan juga kulit. Kebutuhan Harian tubuh kita akan vitamin A berbeda beda hal ini di pengaruhi  faktor usia dan juga jenis kelamin. 

Berikut adalah daftar kebutuhan harian vitamin A dari masing masing usia dan jenis kelamin sesuai angka kecukupan gizi.

Anak Anak usia 1-3 tahun 300 mcg/hari Anak anak usia 4-8 tahun 400 mcg/hari Anak anak usia 9-13 tahun 600 mcg/hari Pria Dewasa 14 tahun ke atas 900 mcg/hari Wanita Dewasa 14 tahun keatas 700 mcg/hari Wanita Hamil 770 mcg/hari Wanita menyusui 1.300 mcg/hari.

Sumber vitamin A bisa kita temukan pada makanan yang kita konsumsi sehari hari. sumber makanan yang kaya akan vitamin A antata lain : 
    • HATI AYAM/SAPI
      • Hati ayam atau sapi memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi yaitu mencapai 4968 mcg per 100 gram nya . 
    • MINYAK HATI IKAN COOD
      • Minyak ikan cood juga kaya akan vitamin A dalam seratus gram minyak hati ikan cood mengandung 30000 mcg vitamin A. 
    • TELUR 
      • Telur memiliki kandungan vitamin A sebesar 80 mcg per butir nya. kandungan vitamin A telur terdapat pada kuning telur yang juga tinggi kolesterol.
    • MENTEGA
      • Dalam seratus gram mentega terdapat 684 mcg vitamin A. namun perlu di waspadai bahwa mentega juga kaya akan lemak jenuh. kandungan lemak jenuh pada mentega mencapai 51 gram atau setengah dari bobot nya.
    • UBI 
      • Ubi memiliki kandungan vitamin A tang melimpah. dalam seratus gram nya ubi memiliki kandungan vitamin A sebesar 435 mcg. sering sering makan ubi ya bray...biar matanya sehaat seperti mata indah bola pingpong .
    • WORTEL 
      • Wortel sudah di kenal sebagai sayuran yang bisa menyehatkan mata. hal itu buka hanya mitos karen wortel sangat kaya kandungan carotenoid. wortel mengandung 835 mcg vitamin A per seratus gram nya.  so sering sering makan wortel ya siist biar mata kamu bening kaya mat kelincii.
    • LABU KUNING / WALUH
      • Waluh atau labu kuning sangat kaya vitamin A hal ini si tandai oleh pigment warna nya yang orange kekuningan. kandungan vitamin A pada seratus gram waluh sebesar 426 mcg. so jagan gengsi makan waluh ya siisst. . . !!
Selain mencukupi kebutuhan harian vitamin A hal yang harus di perhatikan dalam mengurangi dampak pemakaian smartphone dan komputer pada kesehatan mata adalah membatasi waktu dalam penggunaan nya. matikan smartphone saat kita mo tidur dan hindari menggunakan smartphone dalam keadaan gelap. 





Komentar

Posting Komentar