PENTING UNTUK TULANG INILAH KANDUNGAN SELADA

Tidak hanya renyah sayuran yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang juga melimpah. Sayur itu adalah selada , salah satu sayuran yang bisa membuat tulang mu menjadi kuat dan mencegah terjadinya pendarahan. 



Selada yang biasa kita konsumsi sebagai lalapan pendamping pecel ayam itu merupakan sumber vitamin K dan juga vitamin A. Namun tidak hanya itu saja nutrisi yang terkandung pada selada. Selada juga mengandung zat besi , calsium dan juga folate.

Dalam takaran seratus gram atau satu ons seladah memiliki kandungan vitamin K sebesar 126,3 mcg atau bisa memenuhi 97 % dari kebutuhan harian tubuh kita akan vitamin K. sedangkan pro vitamin A nya sebesar 370 mcg atau mampu memenuhi 21 persen dari kebutuhan harian pro vitamin A tubuh kita.

Kandungan lain dari daun selada adalah zat besi dan juga folate. zat besi pada daun selada mampu memenuhi 10% kebutuhan harian zat besi tubuh kita sedang kan kandungan folate nya memenuhi 18% dari kebutuhan harian tubuh kita akan folate.

Kandungan nutrisi lengkap pada seratus gram daun selada bisa di cek di bawah ini : 
  • KANDUNGAN UTAMA 
    • Air 95,63 g
    • Karbohydrat 2.23 g
    • Protein 1.35 g
    • Lemak 0.22 g 
    • Fiber 1,1 g
  • MINERAL
    • Calsium 35 mg
    • Iron 1,2 mg
    • Magnesium 13 mg
    • Phosphorus 29 mg
    • Kalium 194 mg 
    • zinc 0.18 mg 
  • VITAMIN 
    • Vitamin C 9.2 mg 
    • Thiamin 0.07 mg
    • Riboflavin 0.08 mg
    • Niacin 0.375 mg
    • Panthotenic acid 0.134
    • vit B-6 0.09 mg
    • Folate 38 mcg
    • Choline 13 mg 
    • Vitamin A 370 mcg 
    • vitamin K 126 mcg 
Ok kita sudah ketahui kandungan nutrisi yang ada pada daun selada selanjutnya kita akan bahas benefit atau manfaat daun selada untuk kesehatan. apa saja manfaat daun selada untuk kesehatan ? yuk simak penjelasan berikut :
  • Menguatkan tulang 
    • Mengkonsumsi daun seladah berpotensi menguatkan tulang . Hal ini berkaitan dengan adanya kandungan Vitamin K yang tinggi dan juga kandungan calsium pada daun selada. 
  • Mencegah pendarahan
    • mengkonsumsi daun selada juga baik untuk kekentalan darah kita. vitamin K yang terdapat pada daun selada bermanfaat sebagai pengentalan darah sehingga bisa mencegah terjadinya pendarahan.
  • Menjaga kesehatan retina mata
    • Daun selada sangat baik untuk kesehatan visual kita. hal ini di karenakan kandungan Provitamin A pada daun selada yang cukup tinggi. mengkonsumsi daun selada bisa menyuplai kurang lebih 21% kebutuhan harian vitamin A pada tubuh kita.
  • Mempercepat recovery jaringan sel tubuh
    • Konsumsi daun selada bisa mempercepat proses pemulihan sel sel yang rusak. hal ini berkaitan dengan adanya kandungan zat besi pada daun selada. zat besi memiliki berfungsi meningkatkan hemoglobin dan hemoglobin inilah yang berperan mengangkut oksigen ke sel sel tubuh , jaringan otot dan juga organ organ tubuh yang rusak sehingga proses recovery cepet selesei.
Selain manfaat kesehatan yang bisa kita dapat dari daun selada namun kita juga perlu mewaspadai efect samping ketika mengkonsumsi daun selada tersebut. 

Kandungan vitamin K yang tinggi bisa meningkatkan kekentalan darah dalam tubuh kita . Bagi mereka yang sedang mengkonsumsi obat penngencer darah sebaiknya menghindari konsumsi daun selada ini. 

Selada umumnya di konsumsi secara mentah sebagai lalapan atau salad.  Apabila proses pencucian daun selada tersebut tidak higienis maka kuman maupun bakteri yang terdapat pada daun selada tersebut berpotensi masuk ke dalm tubuh kita dan menimbulkan penyakit.

Untuk mencegah masuk nya kuman dan juga bakteri yang terdapat pada daun selada sebaiknyan cuci berulang ulang daun selada tersebut hingga benar benar bersih sevelum di konsumsi. 

Komentar