Nutrisi Dan manfaat edamame

Edamame merupakan tanaman yang sangat kaya akan kandungan serat pangan atau fiber. pada seratus gram edamame segar memiliki kandungan serat pangan atau fiber sebesar 5 gram. 

Bukan hanya fiber saja nutrisi yang terkandung pada edamame ini. ada protein,carbohydrat , lemak ,mineral seperti halnya calsium,kalium ,magnesium , zat besi ada pula vitamin C dan vitamin b.


Apa itu edamame ?

Edamame adalah kedelai yang di panen ketika masih muda. edamame masuk dalam keluarga polong polongan . khususnya di indonesia edamame banyak di budidayakan di daerah jember jawa timur.

Edamame biasa di jadikan sebagai cemilan atau snack dan juga makanan pembuka tau penutup. edamame di sajikan dengan cara di rebus lalu di beri tambahan sedikit garam untuk menambah rasa agar lebih gurih saat di santap.

Fakta nutrisi edamame

Nutrisi yang ada pada edamame dengan value atau takaran seratus gram adalah sebagai berikut.

  • Nutrisi utama
    • Air 74 g
    • Energy 121 kcal
    • Carbohydrat 8.91 g
    • Fat 5.2 g 
    • Protein 11.2 g
    • Fiber 5.2 g
    • Sugar 2.18 g
  • Mineral 
    • Calsium 63 mg
    • Iron 2.27 mg
    • Magnesium 64 mg
    • Phosphorus 169 mg 
    • Potassium 436 mg 
    • sodium 6 mg
    • zinc 1.37 mg
  • Vitamin 
    • Vitamin C 6.1 mg
    • Thiamin 0.2 mg
    • Riboflavin 0.155 mg 
    • Niacin 0.915 mg
    • Vitamin B-6 0.1 mg 
    • Folate 311 mcg
    • Vitamin A RAE 15 mcg
    • Vitamin A IU 298 IU
    • Vitamin E 0.68 mg
    • Vitamin K 26.7 mcg
  • Lipids
    • Lemak jenuh 0.62 g
    • Lemak takjenuh tunggal 1.282 g
    • Lemak takjenuh ganda 2.215 g
    • Kolesterol  72.7 mg
Manfaat kesehatan dari Edamame

Mengkonsumsi edamame berpotensi bisa meningkatkan kesehatan tubuh kita. Hal ini berkaitan dengan kandungan nutrisi yang ada pada edamame tersebut. 

Kandungan nutrisi pada edamame yang berpotensi bisa meningkatkan kesehatan tubuh kita adalah sebagai berikut

1.Fiber atau serat pangan 

Edamame adalah sumber serat pangan atau fiber. terdapat isolube dan anisolube fiber pada edamame. mengkonsumsi seratus gram edamame bisa memenuhi 20 persen kebutuhan harian fiber wanita dewasa dan 13 persen kebutuhan harian pria dewasa.
    • Mengkonsusmsi makanan yang kaya akan fiber berpotensi menurunkan resiko terserang penyakit mematikan seperti halnya penyakit jantung , stroke , kanker dan juga diabetes type 2.
    • Study terbaru dari Havard university menyatakan mereka yang mengkonsumsi makanan tinggi fiber dari buah ,sayur dan juga biji bijian memiliki resiko terkena serangan jantung , stroke , kanker usus besar dan diabetes type 2 lebih rendah sebesar 16-24 persen dari mereka yang hanya mengkonsumsi makanan yang rendah fiber.
2. Protein 

Edamame memiliki kandungan protein cukup tinggi. kandungan protein pada edamame mencapai 11 persen dari berat nya. Kebutuhan protein tiap individu berbeda beda tergantung pada jenis kelamin , kelompok usia, berat badan dan juga tingkat aktifitas nya. secara rata rata tubuh kita memerlukan protein sebesar 1,5 gram per satu kilo berat badan kita.
    • Manfaat kesehatan yang bisa kita dapat dari konsumsi makanan yang kaya akan protein yaitu membantu mempercepat proses recovery atau pemulihan.
    • Protein juga di kenal sebagai zat pembangun yang menyusun tulang ,tulang rawan ,jaringan otot rambut dan juga kulit.
    • Orang yang mengkonsumsi makanan tinggi protein dalam menu diet nya cenderung memiliki berat badan yang stabil serta memiliki masa otot yang lebih baik.
    • Protein juga sanagat baik untuk menjaga masa otot agar tidak menyusut atau katabolik
3.Potassium 

Edamame memiliki kandungan mineral berupa potassium. potasium yang terdapat pada seratus gram edamame mampu memenuhi sekitar 12 persen kebutuhan harian tubuh kita akan potassium.
    • Menurut national institut of health orang yang mengkonsumsi buah , sayur dan makanan makanan tinggi potassium cenderung memiliki tulang lebih kuat. 
    • potasium juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan stroke.
    • konsumsi makanan yang kaya akan potassium juga sangat baik untuk mengontrol gula darah dan menurunkan resiko terkenan diabetes type 2.

4. Folic acid / Folate

Edamame kaya akan kandungan folic acid atau folate. Edamame bisa mencukupi 77 persen kebutuhan harian tubuh kita akan folate. kebutuhan harian folate orang dewasa rata rata 400 mcg. 
    • Konsumsi makanan yang kaya akan folate bermanfaat untuk membantu membentuk jaringan sel.
    • folate juga bermanfaat untuk membantu proses pembentukan sel darah. 
    • Folate juga sangat baik bagi wanita hamil karena bisa menurunkan resiko bayi lahir cacat.
5. Vitamin K

Kandungan vitamin K pada edamame cukup tinggi . perseratus gram edamame segar memiliki kandungan vitamin K sebesar 27 mcg atau mencukupi 30 persen kebutuhan harian tubuh kita akan vitamin K.
    • Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin K bisa meningkatkan kekuatan tulang. vitamin k juga bermanfaat sebagai pengental darah.  
Jadi bisa kita simpulkan dari uraian di atas bahwa manfaat konsumsi edamame untuk kesehatan tubuh kita adalah : 
  1. menjaga kesehatan jantung 
  2. menurunkan tekanan darah tinggi
  3. menurunkan gula darah dan resiko diabetes type 2
  4. mencegah kanker usus besar 
  5. menurunkan resiko bayi cacat saat lahir
  6. Menjaga berat badan tetap setabil
  7. menjaga masa otot
  8. menurunkan kadar kolesterol jahat
  9. menurunkan resiko stroke
  10. mencegah pendarahan
Suber referensi artikel : usda food data central,National Institut of health 















Komentar

  1. Baru tau istilah edmame..
    Keluarga kacang emang kaya manfaat..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer