INSIDE TAHU

Suka tahu ? sudah pasti iya kan ? tahu di isi toge wortel plus irisan daging ayam lalu di balut tepung tipis terus di goreng jadilah sajian yang nikmat dan kaya nitrisi namun juga tinggi kalori. 

 


Tahu merupaka penganan olahan yang terbuat dari kedelai. tahu masih memiliki kekerabatan dangn tempe dan juga soy karena sama sama terbuat dari kedelai.

Tahu memiliki sejumlah nutrisi penting yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh kita. lalu apa saja nutrisi yang ada pada tahu tersebut ? yuuk kita kulik satu persatu.

  • CALSIUM 
    • Tahukah kalian kalau tahu itu sangat kaya akan kandungan calsium. calsium merupaka  zat yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi kita. orang yang mengkonsumsi makanan kaya kalsium akan memiliki kepadatan tulang yang lebih baik dan memiliki resiko terkena osteoporosis lebih rendah daripada mereka yang hanya mengkonaumsi makanan yang rendah calsium. 

kandungan calsium pada seratus gram tahu bisa memenuhi 35 % kebutuhan harian tubuh kita akan calsium . woow mantul kan ??

  •  PROTEIN
    • Tahu memiliki kandungan protein sebesar delapan persen dari total berat nya. protein yang ada pada tahu adalah jenis protein nabati. protein merupaka zat pembangun yang juga baik bagi pertumbuhan. protein juga bisa meningkat kan masa otot bagi mereka yang aktif berlatih di gym.
  • MAGNESIUM 
    • tahu kaya akan magnesium lo gohealther. magnesium memiliki manfaat untuk menjaga kesetabilan gula darah .  magnesium juga bermanfaat untuk membantu proses penyerapan makanan untuk di ubah menjadi enegy. 
Kandungan magnesium pada tahu bisa memenuhi 10 persen kebutuhan harian tubuh kita akn magnesium . 

  •  SELENIUM 
    • Selenium memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tyroid . selenium juga merupakan anti oksidan yang bisa menjaga sel tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan selenium yang ada pada tahu bisa memenuhi 15 persen kebutuhan harian tubuh kita akan selenium. 

  •  FAT/LEMAK
    • Tahu memiliki kandungan lemak sebesar 4 persen dari total berat nya. Lemak sering di identikan dengan hal yang buruk tentang kesehatan. namun sebenarnya lemak memiliki peranan yang penting dalam proses penyerapan vitamin dan juga proses produksi hormon.
  • CHOLINE 
    • Tahu memiliki kandungan choline yang cukup tinggi . choline bermanfaat untuk mendukung perkembangan sel tubuh , mencegah penyakit jantung , menjaga mesehatan syaraf  dan menjaga kesehatan otak.
Kandungan choline pada tahu bisa memenuhi  5 % kebutuhan harian tubuh akan choline untuk pria dan 6.5 % untuk wanita.

Kandungan nutrisi lengkap pada tahu bisa kalian lihat di bawah ini . dengan takaran atau value seratus gram . sumber rujukan dari usda food data central.


  • NUTRISI UTAMA 
    • Air 76 g
    • Protein 8.08 g
    • Fat 4.7 g
    • Carbohydrat 1.8 g
    • Fiber 0.3 g
    • Sugar 0.62 g
  • MINERAL 
    • Calsium 350 mg
    • Iron 5.36 mg
    • Magnesium 30 mg
    • phosphorus 97 mg 
    • Potassium 121 mg
    • Sodium 7 mg 
    • Selenium 8.9 mg
  • VITAMIN 
    • Vitamin C 0.1 mg 
    • Thiamin 0.081 mg 
    • Riboflavin 0.052 mg 
    • Niacin 0.195 mg 
    • panthotenic acid 0.068 mg
    • Vit-B6 0.047 mg
    • Falate 15 mcg 
    • Choline 28 mg 
    • Vitamin K 2.4 mcg
Kandungan nutrisi di atas merupakan kandungan tahu mentah . kemungkinan besar kandungan tahu bisa berubah ketika tahu tersebut sudah berubah menjadi tahu jletot , tahu crispy dan juga tahu isi .


Komentar