INSIDE TUNA

Salah satu komoditas laut yang melimpah di indonesia adalah ikan tuna . di negeri kita ini ikan tuna sangat melimpah . sebagai negara penghasil ikan tuna terbesar di dunia rasanya aneh apabila kita tidak mengetahui nutrisi yang terkandung pada ikan tuna tersebut.


Ikan tuna kaya akan protein kandungan protein pada ikan tuna mencapai dua puluh empat persen  pada tiap ons nya.  Lemak pada ikan tuna sangat sedikit sekali hanya 0.49 persen. selain rendah lemak ikan tunak juga tidak memiliki kandungan karbohydrat. 

Tidak ada kandungan serat pangan atau fiber pada ikan tuna namun kaya akan mineral. kandungan Nutrisi pada satu ons ikan tuna bisa memenuhi 9,8 persen kebutuhan harian kita akan kalium , 18 persen kebutuhan harian akan phosphorus dan 8.3 persen kebutuhan magnesium untuk pria serta 11 persen untuk wanita.

Kandungan vitamin pada ikan tuna di dominasi oleh vitamin B . Kandungn vitamin A nya terbilang minim hanya mampu memenuhi 2 persen kebutuhan harian tubuh kita akan vitamin A. ikan tuna juga tidak memiliki kandungan vitmin C.

Nutrisi lengkap pada ikan tuna dalam takaran 100 gram atau satu ons adalah sebagai berikut. Sumber dari fo USDA FOOD DATA CENTRAL

  • NUTRISI UTAMA
    • air 7,3 gram
    • Cabohydrat 0 gram
    • Lemak 0.49 gram 
    • Protein 24.9 gram
    • Fiber 0 gram 
    • Sugat 0 gram 
  • MINERAL 
    • Calsium 4 mg 
    • Iron 0.77 mg
    • Magnesium 35 mg
    • Phosphorus 278 mg 
    • Kalium 449 mg 
    • Sodium 45 mg 
    • zinc 0.37 mg 
    • Selenium 90 mcg 
  • VITAMIN 
    • Vitamin C 0 mg 
    • Thiamin 0.118 mg 
    • Riboflavin 0.115 mg
    • Niacin 18.4 mg 
    • Vitamin B-6 0.933 mg 
    • Folate 2 mcg 
    • Vitamin B-12 2.08 mcg 
    • Choline 65 mg 
    • Vitamin A 18 mcg 
    • Vitamin E 0.24 mg
    • Vitamin D 0.17 mcg
    • Vitamin K 0.1 mcg 
Ikan tuna bisa menjadi sumber protein hewani yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Terutama bagi mereka yang aktif melakukan latihan beban untuk menaikan masa otot maupun bagi mereka yang sedang proses penurunan berat badan ( fat )

Selain manfaat dari protein yang terkandung pada ikan tuna kita juga bisa mendapat manfaat manfaat dari kandungan kalium , selenium , magnesium , phosphorus , choline dan juga Vitamin B-12 .

Pengolahan dengan cara di goreng mungkin akan menambah kandungan lemak pada ikan tuna. Cara terbaik untuk penyajian ikan tuna adalah dengan di tumis dengan menggunakan minyak kelapa murni atau juga dengan minyak zaitun. 

Selain nutrisi dalam ikan tuna yang melimpah harga dari ikan tuna ini juga sangat murah. kita jug bisa mendapatkan ikan tuna dengan mudah di swalayan terdekat atau pasar pasar tradisional .

BENEFIT

Manfaat kesehatan yang bisa kita dapat dari konsumsi ikan tuna adalah sebagai berikut 

  • Meningkatkan masa otot 
    • Kandungan protein pada ikan tuna sangat tinggi yaitu 24 gram . hal ini sangat penting bagi mereka yang sedang program pebingkatan masa otot. Asupan protein yang cukup akan membuat pertumbuhan masa otot semakin maksimal.
  • Turunkan berat badan
    • Ikan tuna sangat rendah lemak sehingga sangat baik bagi mereka yang sedang diet untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Kadar lemak pada ikan tuna hanya 0.49 % . 
  • Menjaga kesehatan tyroid
    • Ikan tuna kaya akan selenium , selenium bermanfaat menjaga kesehatan kelenjar tyroid . selain menjaga kesehatan kelenjar tyroid selenium juga bisa menjaga kesehatan mental .
Ikan tuna memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita . namun perlu di ingat bagi sebagian orang yang mempunyai alergi terhadap hasil laut sebaik tidak mengkonsumsi ikan tuna tersebut. Hal ini untuk menjaga resiko yang mungkin bisa di timbulkan . so stay healthy yan gohealther ...!!


Komentar

Posting Komentar