PLAN POLA MAKAN SEHAT

 

Makanan apa yang kalian suka ? Kalian bisa tulis di kolom komen ...!! 

Makanan yang kita konsumsi merupakan sumber nutrisi tubuh kita untuk tetap bisa melakukan aktifitas seharai hari. Namun sebagian besar dari kita menu makanan yang lezat dan kaya rasa jauh lebih menarik untuk kita konsumsi dengan mengesampingkan nilai nutrisi yang ada pada makanan tersebut. Dengan istilah kata lain kita makan itu hanya untuk kenyang atau dalam bahasa inggris nya vokoke wareg.

CLICKEN : MENGETAHUI NUTRISI SAYUR DAN BUAH BERDASAR WARNA

Menerapkan pola makan sehat yang menitik beratkan pada kandungan nutrisi memang agak sedikit berat untuk di terapkan pada kalangan masyarakat tertentu karena faktor lingkungan dan juga ekonomi yang kurang mendukung serta persepsi bahwa makanan sehat itu mahal.

Lalu bagaimana membuat plan pola makan yang sehat ? Simpel saja kita mulai dari mengerti apa arti polamakan sehat itu sendiri. Pola makan sehat adalah pola makan yang menitik beratkan pada keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tidak kelebihan maupun kekurangan suplay nutrisi.

Sekarang kita lanjut ke tahapan berikutnya yaitu merancang pola makan sehat secara  sederhana. pola makan yang sehat harus mencukupi semua nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh baik itu nutrisi makro danbjuga nutrisi micro.

Kebutuhan nutrisi makro tubuh kita berupa carbohydrat , lemak dan protein sedangkan nutrisi micro berupa mineral seperti calaium , kalium , magnesium , phosphorus , zinc dan juga semua vitamin .

Langkah langkah yang harus kita lakukan dalam membuat plan pola makan sehat adalah sebagai berikut :

  • Memilih sumber karbohydrat yang complek. karbohydrat hampir ada pada setiap makanan baik itu buah, sayur dan juga daging. jangan fokus hanya pada nasi dan juga roti saja. ubi kentang , alpukat dan pisang merupakan sumber karbohydrat yang sehat. manfaatkan juga kacang kacangan , polong dan juga biji sebagai sumber karbohydrat. dan kurangi tepung beserta olahan nya.
  • Penuhi kebutuhan protein dan lemak baik . selain sumber energy lemak dan juga protein sangat penting dalam proses metabolisme tubuh. Pilih ikan  dan juga seafood sebagi sumber protein jangan lupakan pula kacang kacangan , biji dan juga polong . karena kaya akan lemak baik , protein dan juga mineral.
  • Wajib memasukan sayur dan juga buah buahan segar untuk suplay vitamin dan juga mineral penting. Selain vitamin dan mineral buah dan sayur kaya kandungan air yang bisa membantu untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.
  • Atur waktu kapan kita makan.karena dengan mengatur tempo waktu makan tubuh kita mendapat suplay nutrisi yang akan di butuhkan pada saat yang tepat. 
  • Tentukan jam berapa kita harus sarapan agar tubuh kita siap menjalani aktifitas . sarapan juga sangat penting karena tubuh kita butuh asupan nutrisi sesaat setelah bagun tidur . tentukan pula jam berapa makan siang kita ini penting agar tubuh kita tidak kekurangan suplay energy setelah beraktifitas dan siap melakukan aktifitas kembali. 
  • tentukan jam makan malam agar tubuh kita bisa tidur dengan nyenyak . jangan tidur dalam kondisi lapar karena tubuh kita butuh energy saat tidur untuk proses recovery. 
  • Usahakan makan malam 2 jam sebelum tidur atau minimal 1 jam sebelum tidur ini untuk menghindari meningkatnya gula darah dalam tubuh kita secara drastis. 
  • Mulai kurangi stock snack snack yang kurang sehat. Snack tidak membuat kita kenyang walau kandungan kalori nya sangat tinggi .
  • Kurangi konsumsi gorenagn, cake dan jungfood . karena kandungan pada makanan makanan tersebut sangat tinggi garam . Selain tinggi garam makanan makanan tersebut juga kaya lemak jahat.
Sayuran dan dan buah buahan adalam pilihan yang tepat untuk memenuhi vitamin dan juga mineral penting bagi tubuh kita. ikan,seafood, biji bijian , polong dan kacang bisa menjadi pilihan sebagai sumbser carbo , protein dan lemak baik.

Pola makan sehat akan membuat berat bada n tubuh bisa stabil  dan meningkatkan kebugaran tubuh kitasecara keseluruhan. Pola makan sehat juga bisa membuat kita lebih  menghemat .  lalu kapan kalian bisa terapkan pola makan sehat ini dalam keseharian kalian ... ?? so learn to love your body ya go healther .... !!!!

Komentar

Postingan Populer