MENGETAHUI NUTRISI BUAH DAN SAYUR BERDASAR WARNANYA



Menerapkan pola makan sehat itu ya memang gampang gampang susah. secara teori simple kita pilih makanan a b c selesei namun pada prakteknya tidak semudah itu ferguso.... !!! pola makan sehat mengubah habit kita dalam mengkonsumsi makanan yang mengharus kan kita lebih fokus pada buah dan juga sayuran serta memilih sumber lemak baik , sumber  protein dan juga karbohydrat yang memiliki idek glikemi yang rendah.

Untuk carbohydrat kita bisa memanfaatkan buah dan umbi umbian sebagai sumber nya dan untuk lemak baik dan protein kita bisa ambil dari biji bijian , polong , kacang dan juga ikan .

Selanjut nya untuk nutrisis micro yaitu vitamin dan mineral bisa kita dapat dari buah buahan dan juga sayuran. buah dan sayur yang beraneka warna mengandung nutrisi yang berbeda beda. secara garis besar pigment pada buah dan sayur tersebut bisa mengidentifikasi kandungan nutrisi pada sayur tersebut .

Pigmen warna pada buah dan sayur terbentuk dari adanya zat zat tertentu yang dominan pada buah atau pun sayur. ada lima 5 kelompok warna pada sayur dan buah yang bisa kita identifikasi yaitu : 

1.MERAH

Buah dan sayur yang di kelompokan dalam warna merah ini mengandung fitonutrient yang disebut lycopen dan juga antosianin . kelompok buah dan sayur ini bermanfaat untuk menurunkan resiko kanken prostat , reisko serangan jantung dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. 

2. KUNING ATAU ORANGE

Buah dan sayur yang memiliki warna kuning mengandung  carotenoit dan juga beta-cryptothaxin . buah dan sayur warna kuning atau orang memiliki manfaat baik untuk kesehatan mata dan tingkatkan imunitas tubuh. 

3. HIJAU 

Buaha dan sayuran yang memiliki warna hijau memiliki kndungan berupa leuten dan juga tinggi folat. folat sangat baik buat wanita hamil untuk melindungi janin dan menurunkan resiko bayi lahir cacat.

4. UNGU 

Kelompok buah dan sayur dengan warna megandung antosianin yang merupakan anti oksidan yang sangatkuat bagi tubuh kita.

5.PUTIH

Kelompok buah dan sayur yang memiliki warna putih ini mengandung  antoxhianin yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat pada tubuh.

Pola makan sehat mengharuskan kita mengkonsumsi  sayur dan buah dengan variasi warna yang berbeda setiap harinya. Kurangi pula asupan gula buatan dan garam serta hindari lemak trans. semoga bermanfaat.

WHOCONEN : 4 CARA SEHATKAN PENCERNAAN

 

 

 

 

 



Komentar

  1. mantap artikel sangat bermanfaat.
    salam dari blog https://boalemommin2.blogspot.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer