INSIDE WORTEL


Ciri khas dari wortel ini adalah warna nya yang orange . wortel mengandung sejumlah nutrisi penting yang di butuhkan oleh tubuh kita. wortel kaya akan serat , rendah kalori dan rendah lemak tentunya. dari warna nya yang orange kita bisa mengidentifikasi bahwa wortel merupakan sayuran yang kaya akan anti oksidant yang berfungsi menjaga kesehatan sel sel tubuh kita dari kerusakan.

Ok langsung aja kita uraikan satu persatu kandungan nutrisi pada wortel berikut ini .

1. CARBOHYDRAT

Sudah kitaketahui bahwa setiap makanan baik itu buah dan sayur semua memiliki kandungan karbohydrat .  wortel memiliki kandungn karbohydrat yang rendah yaitu sebesar 9.5 gram di tiap tiap ons nya.

2. FIBER

Dalam satu ons wortel segar terdapat 2.8 gram fiber atau serat pangan . mengkonsumsi 100 gram wortel segar bisa mencukupi 11 % kebutuhan harian fiber bagi wanita dan 7 % bagi pria. fiber bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, mengontrol gula darah dan memaksimalkan proses penyerapan nutrisi.

3. MINERAL

Wortel kaya akan mineral mineral penting seperti halnya calsium , magnesium , phosphorus , kalium dan juga zinc. konsumsi 1 ons wortel bisa memenuhi 1.3 % kebutuhan harian akan calsium , memenuhi 2.8 % kebutuhan harian akan magnesium bagi pria dan 3.7% bagi wanita dan bisa memenuhi 7% kebutuhan harian akan kalium.

3. CAROTENOID

wortel sangat kaya akan alpha dan beta caroten hal ini di identifikasi dari pigmen warna orange pada wortel tersebut. alpha dan beta carotein merupakan provitamin A yang berati alpha dan beta caroten akan di ubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

kandungan beta caroten pada 1ons wortel mencapai 8285 mcg sedangkan alpha caroten nya sebesar 3477 mcg. wortel mengandung lutein + zeaxanthin sebesar 256 mcg. 

carotenoid berfungsi menjaga kesehatan visual mata kita dari kerusakan. carotenoid juga berfungsi sebagai anti oksidan dan juga meningkatkan komunikasi antar sel.

4. VITAMIN A

wortel sangat kaya akan vitamin A kandungan vitamin A pada 1ons wortel sebesar 835 mcg atau mencukupi 92.7 % kebutuhan harian vitamin A untuk pria dan mencukupi 119% atau 1.2 kali dari kebutuhan harian vitamin A bagi wanita.
vitamin A berfungsi untuk melindungi kesehatan penglihatan kita. vitamin A juga berperan sebagai anti oksidan dan penyusun sel sel darah merah .

wortel memiliki kandungan kalori yang sangat rendah . kandungan kalori dalam 1 ons wortel sebesar 41 kalori. memasukan wortel dalam menu diet kita adalah pilihan yang tepat. namun perlu di ingat kandungan carotenoid pada wortel bisa berkurang atau rusak jika kita memasak wortel terlalu lama. 


Cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi wortel secara utuh adalah dengan mengkonsumsi secara langsung tanpa di masak namun jangan lupa di kupas kulitnya dan di cuci hingga bersih terlebih dahulu. Bisa juga dengan di jadikan jus atau di jadikan salat dengan tambahan sayuran yang lain.

Berikut ini adalah tabel lengkap nutrisi yang ada pada wortel dalam takaran 100 gram.


Benefit yang kita dapat dari konsumsi wortel adalah terjaga nya kesehatan retina mata kita pada sehingga resiko penyakit visual yang di sebabkan dari kekurangan vitamin A bisa teratasi. vitamin A yang ada pada wortel juga bisa mengurangi kelelahan visual kita yang di akibatkan pancaran sinar biru pada smartphone , komputer dan layar tv . 

" cara terbaik untuk mengingat suatu peristiwa adalah dengan munuliskan nya "







Komentar

  1. Wortel emang best apalagi jadi bakwan

    BalasHapus
  2. Cocok untuk penderita mata minus.. nice artikel kaa😊

    BalasHapus
  3. Harus rajin makan wortel nih kayaknya

    BalasHapus
  4. Join
    https://join-adf.ly/24828915

    Shortlink
    http://motriael.com/89I6
    http://motriael.com/89PG
    http://motriael.com/89S5
    http://motriael.com/89UR
    http://motriael.com/89aF
    http://motriael.com/89YL
    http://motriael.com/89dV
    http://motriael.com/89i3

    BalasHapus
  5. waw, jadi pengen ngejus wortel klo tahu khasiat kek gini. Thks gan....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer