INSIDE JAGUNG


Hujan hujan paling enak bakar jagung.  kalian suka jagung ...? ok fix kali ini kitaakan bahas tentang jagung .Lebih tepatnya tentang kandungan nutrisi pada jagung...lanjutken ke topik pembahasan ya gohealther..!!

Seperti halnya bijian utuh lainnya jagung merupakan sumber makanan yang kaya karbohydrat dan juga serat pangan atau fiber. Butiran butiran jagung terdiri dari pati , gula , serat pangan dan juga pektin. 

Jagung bisa menjadi sumber protein nabati yang cukup baik walaupun kandungan protein pada jagung tidak lengkap. Jagung sangat rendah lemak dan lemak yang terdapat pada jagung adalah lemak baik .

Nutrisi pada jagung ukuran sedang mengandung tiga sampai empat gram serat pangan . kandungn lemak jenuh nya 0.1 gram lemak tak jenuh tunggal 0.3 dan lemak tak jenuh ganda 0.4 g. Kandungan vitamin A nya bisa mencukupi 6 persen kebutuhan harian tubuh kita akan vitamin A untuk wanita dan 5 persen untuk pria. Kandungan folate nya  isa memenuhi 9 persen dari angka kecukupan gizi . vitamin c pada jagung bisa memenuhi 7 persen kebutuhan harian tubuh kita akan vitamin C.

Untuk menjaga jagung agar tetap segar simpan d lemari pendingin. Hal ini untuk menjaga agar vitamin C pada jagung tidak rusak dan memperlabat proses perubahan gula pada jagung menjadi pati . 

Jagung sangat kaya nutrisi baik itu nutrisi macro dan nutrisi micro. jagung bisa menjadi pilihan sumber karbohydrat yang baik pengganti nasi . karena kandungan untama pada jagung adalah karbohydrat. selain karbo jgung juga memiliki sejumlah nutrisi nutris penting yaitu protein dan serat pangan atau fiber. 

Berikut nutrisi lengkap yang yang terkandung pada jagung . Kita gunakan value 100 gram atau 1 ons jagung segar .
  • NUTRISI UTAMA 
    • Carbohydrat 18.7 g
    • lemak 1.37 g
    • protein 3.7 g
    • fiber 2 g
    • sugar 6.26 
  • MINERAL
    • calsium 2 mg 
    • iron 0.52 mg
    • magnesium 37 mg
    • phosphorus 89 mg
    • kalium 270 mg
    • zinc 0.46 mg
    • sodium 15 mg
  • VITAMIN 
    • vitamin c 6.8 mg
    • thiamin 0.155 mg
    • riboflavin 0.055 mg
    • niacin 1.77 mg
    • vit B-6 0.093 mg
    • folate 42 mcg
    • vit A 9 mcg 
    • vit A 187 IU
Jagung kandungan kalori yang cukup rendah. dalam satu ons nya jagung bisa mensuplay energy sebesar 86 kalori. jagung bisa jadi menu sarapan yang sehat dengan cara di tumis dengan campuran buncis , brokoli dan juga telur ayam . 

Perlu di ingat dan di gris bawahi bahwa memasak jagung terlalu lama akan merusak kandungan nutrisi yang ada di dalam nya. so be smart cooking yang gohealther ...!!



 











Komentar

  1. Sangat bermanfaat informasi nya, jadi mengetahui apa saja kandungan didalam jagung, yuk jaga kesehatan juga kunjungi diniamaya.my.id

    BalasHapus
  2. komplit sekali infonya kamasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer