INSIDE BROKOLI

 


Brokoli merupakan sayuran keluarga dari kubis kubisan. Brokoli memiliki ciri khas dari bentuk dan warna nya yang hijau tua pekat. Bagian dari brokoli yang di mnfaatkan sebagai sayur adalah pada bagian kepala bunga yang menyerupai bentuk pohon nan rimbun. 

Brokoli termasuk sayuran yangbmemiliki kandungan protein cukup tinggi.Pada seratus gram beokoli segar mengandung protein sebesar  2.82 gram . Kandungan serat pangan atau fiber pada brokoli sebesar 2.6 gram atau memenuhi sekitar 9% dari kebutuhan harian fiber tubuh kita.

Brokoli juga mengandung sedikit karbohydrat yaitu sebesar 6.64 gram dan menghasilkan kalori sebesar 34 kalori. Kandungan lain dari brokoli adalah meineral dan juga vitamin. Lalu Seberapa besarkah kandungan mineral dan juga vitamin ya pada 100 gram brokoli ??? Cek di bawah ini yuk.... !!!

CALSIUM

brokoli mengandung kalsium sebesar 47 miligram atau mencukupi 5 % dari kebutuhan harian calsium  tubuh kita.

IRON

kandungan iron pada brokoli sebesar 0.73 mg atau mencukupi 6% dari kebutuhan harian iron tubuh kita. 

MAGNESIUM

brokoli mengandung magnesium sebesar 6 miligram atau mencukupi 6 persen dari kebutuhan harian magnesium tubuh kita.

MANGANESE

brokoli mengandung manganese sebesar 0.21 miligram atau memenuhi 10 % dari kebutuhan harian manganese tubuh kita.

PHOSPHORUS

kandungan phosphorus brokoli sebesar 66 miligram atau mencukupi  9 % dari kebutuhan phosphorus tubuh kita.

POTASSIUM & ZINC

kandungan   potassium pada brokoli sebesar 316 miligram atau mencukupi 7% dari kebutuhan harian potassium tubuh kita . Sedangkan kandungn zinc nya sebesar 0.41 miligram atau mencukupi 4 persen dari kebutuhan harian zinc tubuh kita.

Selain kandungn mineral yang sudah di sebutkan di atas brokoli juga mengandung sejumlah vitamin yg di butuhkan oleh tubuh kita.

VITAMIN C

Dalam seratus gram brokoli segar mengandung 89.2 mg vitamin C atau mencukupi 107 % dari kebutuhan harian tubuh kita. Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya vitamin c merupkan salah satu anti oksidan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh kita.

VITAMIN K

selaim vitamim C brokoli memiliki kndungn vitamin K yang sangat tinggi yaitu 101.6 mcg. Mengkonsumsi 100 gram brokoli berarti kita telah memenuhi 97% kebutuhan harian vitamin K tubuh kita. Vitamin k berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang. 

VITAMIN B

Brokoli kaya akan vitamin B. Vitamin B yang terkandung pada brokoli antara lain adalah sebagai berikut :

Thiamine /B-1 : 0.071 mg atau setara 6% dari kebutuhan harian vitamin B-1 tubuh kita.

Riboflavine/B-2 : 0.117 mg atau setara 10% dari kebutuhan harian riboflavin tubuh kita.

Niacin/Vitamin B-3 : 0.639 mg atau setara 4% dari kebutuhan harian niacin tubuh kita.

Phantothenic acid /B-5 : 0.573 mg atau setara 11 % kebutuhan harian vitamin B-5 tubuh kita.

Vitamin B-6 : 0.175 mg atau setara 13 % dari kebutuhan harian vitamin B-6 tubuh kita

Dolate/B-9 : 0.63 mcg  atau setara 16 % dari kebutuhan harian tubuh kita. 

VITAMIN E 

Kandungan vitamin E Pada brokolibl sebesar 0.78 mg atau setara 5 % dari kebutuhan harian vitamin E tubuh kita. Vitamin E bermanfaat sebagai anti oksidan , menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Brokoli di konsumsi dengan cara di masak terlebih dahulu. Cara memasak brokoli agar nutrisi nya tidak berkurang atau rusak maka masaklah brokoli setengah matang.

Mengkonsumsi brokoli dan di gabungkan dengan saayur sayuran lainya  sebagai menu diet sehari hari sangatlah baik bagi kesehatan tubuh kita .







 

Komentar