INSIDE BAYAM


Sayuran satu ini adalah makanan kesukaan dari sang pelaut handal yaitu popeye . kalian sudh tentuntau apa itu ?? sayuran tersebut adalah bayam . 

Bayam merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi. bayam merupakan sumber vitamin C dan vitamin A yang baik. mengkonsumsi satu ikat atau kurang lebih 100 gram bayam mampu mencukupi  31% dari kebutuhan harian akan vitamin c dan mencukupi 60 % kebutuhan harian vitamin A.

Daun bayam segar juga kaya akan zat besi namun kandungan asam oksalat yang ada pada daun bayam membut zat besi pada daun bayam sulit di serap oleh tubuh. hanya sekita 2 sampai 5 persen kandungn zat besi pada daun bayam yang bisa terserap oleh tubuh.

Daun bayam juga memiliki kandungam folate atau vitamin B-9 , vitamin E dan juga vitamin K yang tinggi . kandungan folate pada bayam mampu mencukupi 48% kebutuhan harian akan folate. vitamin e pada bayam mampu mencukupi 13% kebutuhan harian vitamin E dan 400% atau empat kali lipat kebutuhan harian tubuh akan vitamin K.

Bayam mengandung sedikit karbohydrat , protein namun memiliki kandungan serat yang tinggi. kandungm serat yang ada pada bayam mampu mencukupi 8 persen kebutuhan harian tubuh akan serat atau fiber. 

Selain vitamin kandungan dari bayam adalah kalium atau potasium. kalium yang terdapat pada bayam bisa mengukupi 13 % dari kebutuhan harian tubuh akan kalium.

berikut adalah kandungn nutris pada 100 gram bayam segar sebelum dimasak .
 

Untuk mempertahan kan nutrisi pada bayam agar tidak hilang maka caranya adalah dengan merebus atau mengukus bayam tersebut setengah matang . karena apabila kita memasak bayam terlalu matang maka nutrisi yang terkandung pada bayam akan banyak berkurang.

bayam mudah sekali layu oleh karena itu simpan di lemari pendingin apabila bayam tersebut tidak langsung di masak agar baya m tetap segar.

Mengkonsumsi bayam sangat baik untuk kesehatan . dengan mengkonsumsi bayam kita bisa mendapat manfaat vitamin C, vitamin E , vitamin A , vitamin K dari bayam tersebut .seperti yang kita tau bahwa vitamin C ,E dan A merupakan anti oksidant yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. vitamin A juga memiliki manfaat menjaga kesehatan mata kita.

Selain manfaat vitamin kitajuga mendapatkan manfaat mineral mineral penting seperti calsium , kalium , zinc dari konsumsi bayam ini . calsium penting bagi kesehatan tulang kita sedangkan kalium bisa menurunkan reiko penyakit cardiovacular. 

so tidak ada salahnya kita coba konsumsi sayur favorit dari sang pelaut ini. karena nenenk moyang kita juga pelaut tapi bukan popeye ya go healther....!!!

" solusi sehat itu sebernarnya simpel dan murah hanya saja kita yang suka membuat nya menjadi rumit "

GO HEALTH







Komentar

Posting Komentar