INSIDE ALMOND

 

Kacang almond merupakan biji bijian yang kaya akan nutrisi . Kandungan tertinggi pada kacang almond adalah lemak . Lemak total pada kacang almond mencapai 49.9 gram tiap ons nya atau 49 % dari bobot total. Namun lemak yang terdapat pada kacang almond di dominasi lemak sehat. 

Tekstur daging kacang almond renyah dan rasanya yang gurih sedikit manis. Kacang almond bisa di konsumsi saat mentah setelah kulit nya yang keras di kupas . Kacang almond juga bisa di olah menjadi minyak.

Dalam seratus gram atau satu ons kacang almond kering mentah mengandung karbohydrat 21.5 gram , lalu ada protein sebesar 21.1 gram , serat pangan atau fiber 12.5 gram dan kandungan gula alami nya 4.5 gram.

Kancang almond juga mengandung nutrisi micro . Nutrisi micro berupa mineral dan juga vitamin yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita . Berikut kandungan nutri micro yang terdapat pada 100 gram atau 1 ons kacang almond :

1. CALSIUM  

kacang almond memilik kandungan calsium yang sangat tinggi. Pada seratus gram almod terdapat 269 mg calsium atau bisa mencukupi 10.7 % kebutuhan harian calsium tubuh kita. Kebutuhan calsium rata rata orang dewasa mencapai 2,500 mg.

2. IRON & MAGNESIUM

Kacang almond kaya akan iron dan magnesium. Kandungan iron nya sebesar 3.7 mg atau mencukupi 42% kebutuhan harian  iron tubuh bagi pria dan mencukupi 25% bagi wanita. Kebutuhan harian tubuh akan iron pria yaitu 8.7 mg per hari seadangkan wanita membutuhkan 14.8 mg perhari.

kandungan magnesium pada kacang almon sebesar 270 mg atau mencukupi 64 % kebutuhan harian magnesium tubuh bagi pria dan mencukupi 84.2 % bagi wanita. Rata rata pria membutuhkan magnesium 400-420 mg perhari dan wanita membutuhkan 300-320 mg perhari.

3. PHOSPHORUS,POTASSIUM & ZINC 

Kandungan phosphorus pada kacang almond sebesar 481 mg atau mencukupi 40 % kebutuhan harian rata2 orang dewasa yaitu sebesar 1.200 mg perhari. 

Kandungan kalium atau potassiumnya sebesar 733 mg atau mencukupi 15 % kebutuhan kalium harian tubuh kita. Kebutuhan kalium orang dewasa perhari rata rata sebesar 3.500 mg - 4.700 mg.

Selain phosphorus dan kalium kacang almond mengandung zinc sebesar 3.27 mg atau mencukupi 40% kebutuhan harian zinc pada wanita dan 29% pada pria. 

VITAMIN 

Kacang almond kaya akan vitamin E . Kandungan vitamin E pada kacang almond mencapai 25.6 mg . Atau mencukupi lebih dari 100% kebutuhan harian akan vitamin E. Kebutuhan harian vitamin E orang dewasa rata rata hanya 15 mg.

Selain vitamin E kacang almond juga mengandung sejumlah vitamin lain nya antara lain : 

Thiamin ( vit B-1) 0.205 mg

Riboflavin ( vit B-2 ) 1.138 mg

Niacin ( vit B-3 ) 3.618  mg

Vit B-6 0.137 mg 

Folate 44 mcg

Kacang almond merupakan makanan yang padat gizi . Mengkonsumsi kacang almond sangat baik bagi kesehatan tubuh kita selama tidak berlebihan dalam mengkonsumsi nya. 

Kacang almond memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi.Dalam 1 ons nya mengandung 579 kalori atau mencukupi 28 % dari kebutuhan kalori harian orang dewas yaitu sebesar 2000-2500 kalori.

BENEFIT ALMOND

Mengkonsumsi kacang almond memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan macro nutrient  seperti protein , lemak baik , carbohydrat dan micro nutrient seperti calsium,kalium,zinc dan vitamin yang terdapat pada kacang almond ini sangat berlimapah.

Apakasajakah manfaat kesehatan yang kita dapat apabila mengkonsumsi kacang almond secara rutin dan sesuai takaran yang tepat ?

  • Sebagai sumber energy

Kacang almond memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Megkonsumsi 100 gram saja kacang almond  bisa menyuplai 28% darinkebutuhan kalori tubuh kita.

  •  Meningkatkan masa otot

Mengkonsumsi kacang almond bisa meningkatkan masa otot tubuh kita tentundengandi barengi dengan latihan beban yang rutin hal itu di sebabkan karean kacang almond kaya protein. Selain meningkatkan masa otot protein juga berpern penting dalam menjaga kesehatan kulit , kuku dan juga rambut.

  • Sebagai anti oksidant

Kacang almond kaya akan  vitamin E . Kandungan vitamin E pada seratus gram kacang almond mampu memenuhi 170 % kebutuhan harian vitamin E. Vitamin E berperan penting dalam meningkatkan imunitasbtubuh kita karena vitamin E merupkan anti oksidant seperti halnya vitamin C dan juga vitamin A.

  • Menurunkan resiko penyakit jantung. 

Kandungan lemak baik pada kacang almond bisa membantu tubuh kita menurunkan kolesterol jahat hal mengurangi resiko terkena serangan jantung dan juga stroke. Lemak baik juga membantu dalam mengembangkan dan memlihara sel sel tubuh.

  •  Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat atau fiber pada kacang almond bisa membantu proses pencernaan. Konsumsi makanan yang akan fiber membuat penyerapan nutrisi menjadi lebih baik.

" konsumsilah makanan sehat dengan porsi yang tepat "

GO HEALTH




Komentar

Posting Komentar