HIIT UNTUK PEMULA

2 top exercise in america


Bagi sebagian orang melakukan exercise itu hal yang berat . banyak alasan alasan yang sering saya dengar selama saya menggeluti dunia fitnes yang sudh hampir 13 tahun ini. Alasan yang paling umum saya temui adalah karena mereka sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk melakukan latihan.

Is ok jika memang problem nya adalah sibuk dan ga punya waktu gohealth akan sedikit kasih tip latihan singkat yang banyak manfaat dengan metode HIIT. apa itu HIIT ? HIIT bukanlah obat nyamuk !! tapi HIIT disini adalah high intensity interval training.

HIIT adalah latihan yang menggabungkan kekuatan kecepatan dan ketahanan dalam satu latihan singkat. HIIT sangat cocok buat kalian yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk pergi ke gym karena kalian bisa melakukan nya diruman dan tanpa alat. kalian bisa menjadikan badan kalian sebagai beban pada latihan ini.

Untuk melakukan HIIT kalian hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. dengan hanya waktu yang singkat itu kalian bisa mendpat banyak manfaat kesehatan yang di peroleh dari latihan tersebut.

HIIT merupakan latihan high impact jadi sebelum kalian menerapkan latihan ini kalian terlebih dahulu melakukan warm up dan juga streching hal ini bertujuan untuk menghindari resiko cidera yang tidak di inginkan .

jika kalian sudah melakukan warm up dan streching berarti kalian sudah siap ekskusi HIIT berikut ini langsung aja exskusi latihan nya : 

HIIT PEMULA  5 MENIT 
 
Lakukan latihan HIIT pemula berikut ini secara rutin . di awali dari plan A di hari pertama dan plan B di hari kedua dan hari ketiga adala fase off season atau waktunya istirahat . off season bertujuan untuk pemulihan agar tubuh kita tidak mengalami over training.  

Setelah off season lanjutkan hari ke empat dengan melakukan HIIT plan C dan hari ke 5 lanjut dengan plan D. hari ke 6 dan 7 kembali ke off season   untuk melakukan revovery .

DAY 1 


DAY 2


DAY 3 OFF SEASON

DAY 4 


DAY 5


DAY 6 & DAY 7 OFF SEASON

Penerapan latihan HIIT di atas adalah sebagai berikut . dalam tabel plan A,B,C dan D tercantum jenis latihan atau exercise. jika kalian belum paham tentang bagai mana melakukan exercise tersebut kalian bis searching di google atau via yutube. ada 4 jenis latihan yang harus di seleseikan.

Dalam tabel plan A,B , C  dan D tercantum pula Durasi latihan . durasi ini menunjukan berpa lama kalian harus melakukan satu gerakan. Berikutnya ada Rest atau istirahat atau jeda . rest menunjukan berapa lama kalian istirahat setelah melakukan satu gerakan. 

Selanjut nya Jumlah set dan rest perset. jumlah set disini menunjukan beraka kali kalian harus mengulang seluruh gerakan yang ada di tabel plan A,B,C & D . lalu kita lanjut ke rest per set . rest per set menunjukan waktu istirahat setelah kalian melakukan semua gerakan yang telah ada di dalam tabel tersebut sebelum melanjut kan lagi untuk memulai latihan ke set berikutnya.

Jadi dalam penerapan latihan pada tabel di atas adalah sebagai berikut . kita ambil contoh saat melakukan latihan pada tabel A.
lakukan sprint selama 20 detik lalu istirahat 10 detik lanjut lakukan squat selama 20 detik lalu istirahat 10 detik lanjut lagi lakukan jumping jack 20 detik lalu istirahat lagi 10 detik dan di tutup dengan push up 20 detik. disini kalian berarti telah melakukan 1 set HIIT dan istirahatlah 30 detik sebelum kalian mengulangi semua gerakan dari untuk menyeleseikan set ke 2. 

Jika kalian rutin melakukan latihan tersebut lambat laun tingkat kebugaran kalian akan menjdi lebih baik dan kalian bisa meningkatkan intensitas laltihan yang lebih menantang . 

jika meras latihan tersebut masih terlalu ringan buat kalian  maka tambahkan lah set dalam latihan tersebut menjadi 3 - 5 set dan yang perlu di perhatikan sebelum memulai latihan di atas adala melakukan pemanasan dan juga streching untuk menghindari cidera yang tidak di inginkan.

" Belajarlah menjdi koes plus , untuk bisa tetap senang walaupun tak punya uang "

GO HEALTH











3 komentar

  1. Fauzan N.e
    https://fauzanne12.blogspot.com/2020/11/gadis-mesir-berhijab.html?m=1
  2. Ravica Effendi
    Iniformasi kesehatan yang Sangat bermanfaat 👍🏼
  3. wandri
    Mantap bg mampir.
    Jangan lupa coment
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>