MEMILIH SUMBER KARBOHYDRAT TERBAIK

 

Mengelola asupan karbohydrat sangatlah penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi karbohydrat melebihi ambang batas kebutuhan harian yang di anjurkan bisa menimbulkan beberapa efek samping yang kurang menyehatkan. Ketika mengkonsumsi terlalu banyak karbohydrat tubuh kita akan mengalami lonjakan guladarah setelah terjadi lonjakan gula darah maka tubuh kita akan merespon dengan meningkatkan hormon insulin hal ini bisa menghambat tubuh kita dalam membakar lemak dan sudah pasti akan mengganggu program diet kita.

Kita harus selektif dalam memilih sumber karbohydrat yang akan di konsumsi. Sumber karbohydrat yang baik akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh kita secara keseluruhan. Sumber karbohydrat yang baik akan memberikan tubuh kita energy lebih lama dan tidak akan meningkatkan guladarah secara drastis.

Karbohydrat bisa kita temukan pada semua jenis makanan. Nasi , roti , daging , buah buahan dan juga sayur mayur semua mengandung karbohydrat. Kita juga harus tau bahwa biji bijian utuh sangat kaya akan karbohydrat yang lebih menyehatkan .

SUMBER KARBOHYDRAT SEHAT

Sumber karbohydrat ada pada bnyak makanan dan minuman yang setiap aharibkita konsumsi. Untuk mendapatkan karbohydrat yang sehat sebaiknya kita mengurangi konsumsi mankanan junkgood dan juga makanan yg mengandung banyak gula tambahan.

Suber sumber karbohydrat yang bisa kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan harian dan menjaga kesehatan tubuh kita adalah sebagai berikut :
  • BERAS : beras merah atau beras coklat bisa menjadi pilihan karena mengandung karbohydrat yang tinggi namun dengan glixemic indek yang rendah
  • ROTI : roti gandum utuh  merupakan sumber karbohydrat yang baik. Dalam 100 gram roti gandum mengandung 74 gram karbohydrat dengan skor glixemic indek 48 .
  • OATMEAL : oat meal bisa menjadi pilihan sumber karbohydrat yang menyehatkan. 
  • UMBI UMBIAN : umbi jalar merupakan sumber karbohydrat . Ubi jalar mengandung 20 gram karbohydrat dengan glixemic indek yang rendah yaitu 46. 
  • BUAH : buah merupakan sumber karbohydrat yang baik . Selain karbohydrat buah seprti pisang ,alpukan , apel dll juga kaya nutrisi sperti vitamin mineral dan juga serat pangan.
  • KACANG : kacang merupakan makanan yang sanagat kaya akan nutrisi. Selain mengandung kaerbohydrat kacang juga mengandung lemak sehat , protein dan mineral . Kacang yang bisa kita konsumsi sebagai sumber karbohydrat atara lain kacang tanah , almond , kacan , mede dll
  • POLONG : polong polongan juga hampir sama dengan kacang . Polong polongan mengandung karbohydrat komplek dan juga kaya nutrisi seperti halnnya lemak , protein , vitamin dan mineral. 
  • SAYUR : sayur juga mengandung karbohydrat walaupun dalam jumlah kecil. Namun sayur merupakan sumber vitamin dan mineral . Sayur juga sangat kaya akan serat pangan atau fiber.
  • DAGING : ikan , daging unggas dan daging mamalia seperti daging sapi , kambing dll juga mengandung karbohydrat. 
  • SUSU : susu sapi , susu kedelai susu bekatul juga mengandung karbohydrat walau dalam jumlah kecil. 
  • MADU : juga mengandung karbohydrat .Kandungn kerbohydrat pada madu berupa gula alami yangblebih menyehatkan jika di bandingkat dengn gula buatan.
Mengkonsumsi karbohydrat harus sesuai dengan kebutuhan harian tubuh kita. Karbohydrat merupakan sumber energy terbesar bagi tubuh kita. Kebutuhan harian karbohydrat tubuh kita adalah 225 sampai dengan 300 gram atau setara 900-1200 kalori jika mengacu dari kebutuhan kalori total rata rata orang dewasa yaitu sebesar 2000 kalori perhari.

Menakar jumlah dan memilih jenis  karbohydrat yang akan kita konsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita apalagi bagi mereka yang sedang dalam program diet penurunan berat badan dan mereka yang memiliki penyakit diabetes. Pemilihan karbohydrat yang tepat akan membuat tubuh kita semakin sehat.

GOHEALTH





  






Komentar

Postingan Populer