MANAGE STRES


Pandemi memaksa setiap orang untuk berdiam diri di rumah. Pembatasan sosial bersekala besar ataupun pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat dengan tujuan mengendalikan penularan covid 19 yang sedang mewabah tentu bukan tanpa resiko

Pembatasan kegiatan ini sedikit banyak akan membuat orang mengalami stress. Stres adalah reaksi tubuh saat seseorang mengalami tekanan ataupun mengalami perubahan keadaan. Kondisi ini justru sangat berbahaya bagi masyarakat karena ketika seseorang mengalami stress maka imunitas tubuh akan melemah sehingga resiko terserang penyakit akan semakin besar.

Untuk sedikit meringankan stres ada beberapa hal yang harus di lakukan antara lain :

1. Lakukan olah raga

olah raga secara rutin tidak hanya membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar . Saat kita melakukan olah raga tubuh akan melepaskan hormon endorfin untuk menekan rasa sakit dan memberikan energy positif pada tubuh kita.

Hormon endorfin adalah hormon yang di produksi oleh kenjar syaraf pusat dan kelenjar pituitari ketika seseorang merasa bahagiaa. Hormon endorfin juga berfungsi menekan rasa sakit dan meningkatkan imunitas tubuh.

Lakukan olah raga seperti berenang , joging , angkat beban , yoga atau pilates Atau olah raga yang lain seperti main tenis bulu tangkis dll. Yang terpenting adalah melakukan aktifitas olah raga.

2. Konsumsi minuman herbal

Herbal sudah sejak lama di gunakan untuk meningkatkan kebugaran tubuh . Minuman yang terbuat dariherbal seperti jahe , ginseng , pasak bumi , ginko biloba dan teh mengandung senyawa yang bisa membuat tubuh kita menjadi lebih rilax , menjadi lebih bugar dan meningkatkn mood.

3. Konsumsi maknan dan minuman yang mengandung cafein

Mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung cafein akan memberikan efek tenang pada tubuh dan juga bisa meningkatkan gairah atau mood kita. 

Makanan dan minuman yang mengandung cafein antaralain coklat hitam , kopi hitam dan teh . 

4. Lakukan relaksasi

Relaksasi sangat penting dalam mencegh stres. Relaksasi bisa menimbulkan efek bahagia bagi seseorang. Realaksasi bisa bebentuk olah raga seperti halnya yoga dan taichi . Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk reksasi seperti halnya mendegrkan musik kesukaan kita , melihat video pemandangan alam dll. 

5. Istirahat yang cukup

Tidur adalah cara terbaik untuk memulihkan kebugaran kita baik secara jasmni dan rohani. Dengan tidur atau istirahat tubuh kita akan kembali menjadi bugar dan bisa kembli berfikir lebih jernih. 

Istirahatkn tubuh dan fikiran kita selama 5-8 jam dalam sehari. Kurangi begadang dan usahakan tidur lebih awal yaitu antara jam 10 - 11 malam dan usahakan bngun lebih awal .

Masih banyak hal yang mungkin bisa kita lakukan untuk mencegah stres . Misalkan saj bercengkrama dengan kawan atau dengan saudara ataupun Membaca buku atau novel kesukaan menonton movie dll.

Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita dari kebutuhan nutrisi macro dan kebutuhan nutrisi micro jangan lupa minum air putih yang cukup serta selalu berfikir positif di setiap keadaan.

Go health






Komentar

  1. Nah point terakhir itu... Masih punya bayik. Siang sibuk, tengah malam masih sering terbangun. Gimana aturnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usahakan tidur saat bayi anda tidur . Walaupun sebentar akan membantu mengurangi lelah baik dari disik dan fikiran juga

      Hapus
  2. Dapat dicoba ini tipsnya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer