INSIDE TEMPE

 

Salah satu olahan dari kacang kedelai yang paling familiar adalah tempe . Tempe sepertinya sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakat khususny di indonesia.

Tempe mimiliki kandungan nutrisi yang sangat berlimpah. Kandungan utama yang paling tinggi adalah protein . Kandungan protein pada tempe mencapai 20% atau kurang lebih sebesar 20 gram dalam tiap tiap ons nya.

Tempe mengandung karbohydrat yang terbilang rendah hanya 7 gram atau 7% dan kandungan lemak nya sebesar 10 gram. Kndungan lemak pada tempe berupa asam lemak takjenuh tunggal sebesar 3.2 gram , asam lemak takjenuh ganda sebesar 4.3 gram dan asam lemak jenuh sebesar 2.5 gram.

Tempe merupakan sumber mineral bagi tubuh kita . Kandungan mineral pada tempe yaitu berupa 
kalium/potassium sebesar 412 miligram . Kandungan calsium sebesar 111 miligram , phosphorus sebesar 266 miligram ,zinc sebesar 1.1 miligram , magnesium sebesar 81 miligram , iron sebesar 2.7 miligram dan sodium sebesar 9 miligram.tempe juga mengandung folate dan niacin.

MANFAAT TEMPE 

1. SUMBER  PROTEIN

Tempe merupakan makanan yangbkaya akan protein . Pada setiap 100 gram tempe mengandung 20 gram protein . Protein adalah nutrisi yng sangat penting bagintubuh kita. Protein berperan sebagai zat pembangun yang membentuk tulang , tulang rawan , otot , kuku dan pembangun hormon setra sel darah merah. Protein juga merupakan nutrisi macro yang menyediakan kalori bagi tubuh.

 2. SUMBER ENERGY TUBUH

Tempe mengandung tiga unsur nutrisi makro yaitu karbohydrat ,lemak dan juga protein. Tiga unsur nutrisi tersebut merupakan sumber utama energy bagi tubuh kita untuk bergerak. Dalam seratus gram tempe bisa menghasilkan energy sebesar 192 kalori. 

3. SEBAGAI SUMBER POTASIUM

Kandungan kalium dalam tempe terbilang tinggi yaitu sebesar  412 mg . Atau memenuhi 10 persen dari kebutuhan harian tubuh yaitu sebesar 4500 mg . Kalasium sangat penting bagi kesehatan tulang , syaraf syaraf jantung dan  mencegah kelelahan pada otot tubuh

4 . SEBAGAI SUMBER PHOSPHORUS

Dalam seratus gram nya tempe mengandung 266 miligram  phosphorus atau mencukupi 26 % dari kebutuhan harian kita akan phosphorus.

Tempe adalah sumber nutrisi yang berlimpah namun memiliki harga yang sangat murah. Tempe sangat baik bagi kesehatan pencernaan tubuh kita karena  tempe merupakan makanan fermentasib yang kaya akan prebiotik.

Tempe memenyehatkan jantung dan mengurangi resiko terkena stroke karena mengandung kalium atau potasium dan lemak baik. Tempe juga sangat baik untuk menjaga ketahanan otot dan meningkatkan masa otot serta sangat baiknbagi kesehatan tulang dan gigi karena kaya protein dan juga kalsium.

GO HEALTH



Komentar