INSIDE CARB

 

Carbohydrat merupakan sumber energy utama bagi tubuh kita , 50-60 persen kebutuhan energy kita di pasok dari karbohydrat yang kita konsumsi setiap hari .
Karbohydrat yang kita kenal ada dua type yaitu karbohydrat simple dan karbohydrat komplek.

2 type karbohydrat

karbohydrat simple/sederhana  bisa kita temukan pada tepung  dan olahan nya seperti kue bagel donat ,odading dan juga gula , permen, minuman energy dan lain lain . Namun makanan yag bergizi seperti halnya buah buahan juga mengandung karbohydrat simple. Disebut karbohydrat simple karena lebih cepat di cerna dan di ubah oleh tubuh menjadi energy namun bisa meningkatka lonjakan gula darah yang tinggi pula.

karbohydrat complex bisa kita temukan pada kacang tanah , kacang hujau , kwaci , ubi jalar , kentang , beras merah , sereal gandum utuh dan roti gandum. buah buahan seperti alpukat dan pisang juga merupakan sumber karbohydrat complek.
biji bijian , kacang kacangan dan umbi umbian merupakan aumber dari karbohydrat komplek. Disebut karbohydrat komplek karea memerlukan proses yang lebih lama untuk di ubah menjadi energy oleh tubuh namun tidak menyebabkan lonjakan gula darah pada tubuh kita dan mampu menyediakan energy lebih lama dari pada karbohydrat simple.

proses karbohydrat menjadi enegy 

Ketika kita mengkonsumsi karbohydrat maka tubuh kita akan mengolahnya menjadi gula dan di serap ke dalam darah , pada saat gula dalam darah kita meningkat maka pankreas akan melepaskan hormon yang di sebut hormon insulin. insulin di butuh kan oleh tubuhkita untuk memindahkan gula dalam darah ke sel tubuh untuk di jadikan energy.

Saat kita mengkonsumsi karbohydrat sederhana seperti permen , minuman energy , nasi putih , roti dll maka tubuh kita akan mendapat suplai enengy instan namun juga kita akan merasa cepat lapar. 

Sebaliknya ketika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohydrat complek seperti halnya ubi rebus , kentang rebus , nasi merah , sereal utuh maka tubuh kita akan mendapat kan suplay energy secara berkala sehingga tubuh kita juga merasa kenyang lebih lama. 

Kebutuhan karbohydrat perhari 

Sebagai sumber energy utama tubuh kita untuk bergerak  maka kebutuhan harian karbohydrat tubuh cukup tinggi dibandingkan dengan kebutuhan harian lemak ataupun protein. 

Kebutuhan harian karbohydrat perhari adalah 50-60 persen dari total kebutuhan kalori harian tubuh. kebutuhan karbohydrat juga tergantung dari seberapa aktif kita dalam melakukan aktifitas , jenis kelamin , usia dan tingkat kesehatan tubuh. Namun kebutuhan rata rata karbohydrat tiap orang mencapai 275-350 gram perhari .

Karbohydrat bisa menghasilkan energy sebesar 4 kalori . baik karbohydrat complek maupun karbohydrat simple kedua sama menghasilkan 4 kalori tiap ons nya. yang membedakan adalah proses pencernaan dan penyerapan karbohydrat tersebut oleh tubuh kita.

Memilih sumber karbohydrat yang baik 

Kabohydrat simple ataupun complek sama sama penting bagi tubuh kita , kedua nya sama sama memberikan energy bagi tubuh kita untuk tetap bisa bergerak . namun kita juga harus bisa memilih sumber dari karbohydrat yg lebih menyehatkan.

Hampir semua makanan yang kita mengandung karbohydrat baik itu karbohydrat complek maupun simple.  Untuk mendapatkan karbohydrat yang baik maka kita harus memilih makanan apa yg akn kita konsumsi agar tubuh kita bisa mendapatkan suplay energy yang tepat dan menyehatkan  : 

1 . pilih makanan dari biji bijian seperti roti gandum , oatmeal , jagung , beras merah dll. makanan dari biji bijian ini lebih menyehatkan karena mengandung banyak nutrisi .

2.konsumsi buah buahan segar , buah segar mengandung gula alami yang lebih menyehatkan di bandingkan gula buatan . selain itu buah buahan jugankaya nutrisi seperti vitamin dan juga mineralnpenting lain nya

3.konsumsi kacang kacangan seperti kacang tanah , almon ,kacang merah , kacang hijau dll. kacang kacangan merupakan sumber karbohydrat complek yang sangat baik . kacanh kacangan juga memiliki kandungan protein yang tinggi.

4. konsumsi makanan dari umbi umbian seperti kentang , ubi jalar , singkong , talas . umbi umbian merupakan sumber karbohydrat yg menyehatkan . 

 5.kurangi mengkonsumsi makanan atau minuman  yg mengandung gula tambahan seperti halnya kue , soda , teh manis dan juga minuman minuman berenergy. 

Karbohydrat sering di anggap negatif bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan padahal karbohydrat merupakan komponen penting dalam keberhasilan seseorang untuk menurun kan berat badan. 

Setiap individu yang  bergerak membutuhkan karbohydrat sebagai sumber energy utama.  pilihlah sumber karbohydrat yang baik untuk mendapatkan energy yang baik pula.

GO HEALTH

  



 







  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>