CARDIO ACTIVITY


Cardio activity atau biasa kita sebut latihan kardio adalah aktivitas fisik yang menggerakan semua otot2 besar tubuh secara bersamaan dalam rentang waktu tertentu. saat melakukukan cardio activity detak jantung dan pernafasan akan meningkat mengikuti intensitas gerak yg di lakukan. 

INTENSITAS , FREKUENSI & DURASI

cardio activity sebaiknya di lakukan setidaknya tiga kali dalam satu minggu . Orang dewasa yang melakukan cardio activity tiga kali dalam seminggu dengan intensitas sedang atau tinggi memiliki resiko terkena penyakit mematikan yg lebih rendah di bandingkan dengan orang yg tidak melakukan cardio activity sama sekali.

Tiga kali dalam seminggu merupakan frekuensi yg tepat untuk mendapatkan manfaat dari cardio activity. selain manfaat kesehatan yang di dapat melakukan cardio activity tiga kali dalam seminggu juga bisa menghidarkan tubuh kita dari cidera dan kelelahan akibat aktivitas tersebut.

Waktu yg di butuhkan untuk melakukan cardio activity adalah 150 menit sampai dengan 300 menit dalam seminggu . jika kita melakukan cardio activity seminggu sebanyak tiga kali maka waktu yang di butuhkan adalah 50 menit sampai dengan 100 menit persesi latihan . 

Tingkat intensitas yang di anjurkan untuk cardio activity adalah intensitas sedang sampai intensitas tinggi . Kita juga bisa menggabungkan cardio activity intensitas sedang dan tinggi dalam seminggu secara bergantian atau sesuai dengan kemampuan tiap individu.

BENEFIT CARDIO ACTIVITY

Individu yg rurtin melakukan cardio activity akan memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukan sama sekali. selain tingkat kesehatan yg lebih baik mereka yang rutin melakukan cardio activity akan mendapatkan benefit kesehatan. Benefit dari cardio activity sebagai berikut :

1.Menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

2.Menurunkan resiko terkenan serangan stroke  

3.Menurunkan tekanan darah tinggi

4.Menurunkan resiko terkena diabetes militua type 2.

5.Menurunkan Kadar gula darah dan kadar lemak tubuh  

6.Menurunkan level stress yang belebihan 

7.Meningkatkan Kwalitas tidur 

8.Meningkatkan kwalitas seksual bagi pria dan juga wanita

 9.Mencegah penuaan dini.

Melakukan cardio activity adalah cara terbaik untuk meningkatkan kwalitas kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. selain cardio activity lakukan pula muscle strengthening activity, flexibility activity, mind & body balance activity dan diet sehat agar tubuh kita senantiasa sehat dan bugar.


GO HEALTH  

 

 

 

 

 

 




 

 








Komentar