FUNGSI KONSUMSI KACANG TANAH BAGI TUBUH

 

Kacang tanah merupakan makanan yang kaya akan nutrisi . kandungan tertinggi yang ada pada kacang tanah adalah lemak yang mencapai 49 gram pada tiap seratus gram nya. kacang tanah juga kaya protein kandungan nya mencapai 26% . kacang tanah juga kaya vitamin E ,folate , fiber ,kalium ,kalsium , magnesium , zinc dan juga niacin. 

mengkonsumsi kacang tanah memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita selama di konsumsi dalam batas wajar. 

fungsi dari konsumsi kacang tanah bagi tubuh adalah sebagai berikut :

1. SEBAGAI SUMBER ENERGY 


Kacang tanah merupakan sumber kalori yang baik bagi tibuh kita . Hanya dengan mengkonsumsi 100 gram kacang tanah kita bisa mendapatkan 567 kalori atau 25 % dari kebutuhan kalori harian kita yang rata rata mencapai 2000 kalori.

2.SEBAGAI SUMBER PROTEIN 

Kandungan protein pada kacang tanah sangat tinggi . dalam 100 gram kacang tanah mengandung 26 gram protein atau 26% . protein merupakan zat pembangun yang berfungsi memperbaiki dan meremajakan sel sel tubuh dan juga jaringan otot tubuh kita. 


3. SEBAGAI SUMBER SERAT/FIBER
Sebagaimana yg kita ketahui kacang kacangan merupakan makanan yang kaya akan serat pangan atau fiber. kandungan fiber kacang tanah adalah 9 gram dalam tiap seratus gram nya  . kebutuhan serat kita perhari adalah 25-35 gram . fiber bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan , mencegah konstipasi dan mencegah lonjakan gula darah.

4. SEBAGAI SUMBER LEMAK BAIK 
hampir 50% kandungan kacang tanah adalah lemak . mayoritas lemak yang terkandung pada kacang tanah adalah lemak tak jenuh atau lemak baik . manfaat lemak bagi tubuh adalah sebagai pembentuk hormon , menjaga suhu tubuh dan juga sebagai sumber energy setelah karbohydrat.

5. SEBAGAI SUMBER VITAMIN E


Kacang tanah mengandung 9 miligram vitamin E tiap seratus gram nya. mengkonsumsi kacang tanah 100 gram bisa mencukupi 50% kebutuhan vitamin E harian kita . tubuh kita membutuhkan 15 miligram vitamin E per hari. mafaat vitamin E adalah sebagai anti oksidan , meningkatkan daya tahan tubuh , mengurangi stres dan juga meningkatkan kesuburan.

6. SEBAGAI SUMBER CALSIUM,KALIUM & ZINC


Kacang tanah juga merupakan sumber calsium , kalium dan zinc . kandungan calsium pada kacang tanah sebesar 92 miligram , kandungan kalium / photasium sebesar 705 miligram dan kandungan zinc nya 3,27 miligram dalam tiap seratus gram nya. 

Tiap tiap makanan memiliki kandungan yang berbeda beda oleh karena itu jangan berfokus pada konsumsi satu jenis makanan . konsumsilah beragan jenis makanan yang menyehatkan dan jangan lah berlebihan agar tubuh kita tetap sehat dan bugar. 

GO HEALTH


Komentar

Postingan Populer