5 LATIHAN CARDIO DI RUMAH

Menjaga jantung agar tetap sehat adalah wajib . selain menjaga pola makan , istirahat yang cukup dan mengontrol stres maka kita juga harus melakukan latihan fisik untuk menjaga jantung kita tetap sehat. 

lalu latihan apasajakah yang bisa membuat jantung kita tetap sehat ?
jawaban nya adalah latihan cardio . selain membuat jantung kita tetap sehat latihan cardio juga membantu meningkatkan ketahanan otot otot tubuh . 

Berikut ini adalah 5 latihan cardio simple yang bisa di lakukan di rumah.

1.HIGH NEE


Gerakan high nee sangat mudah kita lakukan di rumah tanpa butuh alat apapun. cara melakukan gerakan ini adalah dengan mengangkat lutut sampai mendekati dada dengan cara bergantian antara lutut kanan dan kiri , lakukan dengan tempo sedikit lebih cepat . lakukan gerakan ini 30-90 detik dan ulangi 3-5 set atau sesuai dengan kemampuan tiap2 individu.

2. STEP UP

Designed by Freepik

Step up adalah gerakan naik turun box step atau juga bisa menggunakan anak tangga sebagai ganti jika tidak memiliki box step. cara melakukan gerakan step up sebagai berikut. 
  • naikan kaki kanan ke box step 
  • angkat kaki kiri sehingga lutut anda mrndekati dada.
  • turunkan kaki kiri ke lantai dan selanjut nya kaki kanan.
  • naikan kaki kiri ke box step 
  • angkat kaki kanan sehingga lutut anda mendekati dada .
  • lalu turunkan kaki kanan dan selanjutnya kaki kiri.
lakukan gerakan step up 60-90 detik ulangi 3-5 set . 

3. SKIPING/JUMP ROPE


Gerakan jump rope atau skiping tentu sudah tidak asing lagi bagi anda semua . gerakan ini sering di lakukan anak untuk permainan dengan menggunakan karet gelang sebagai ganti skiping nya. cara melakuka gerkan ini cukup mudah anda  cukup memutar tali skiping melewati kepala dan kaki . lakukan lompatan lompatan kecil supaya tali skiping tidak menyangkut pada kaki . 
lakukan gerakan jump rope 60 detik dan ulangi 3-5 set.

4. WAKL LUNGES 


walk lunges merupakan variasi gerakan lunges . cara melakukan gerakan ini adalah sebagai berikut.
  • berdiri tegak dengan kaki selebar bahu sebagai kuda kuda .
  • dari kaki kanan  lakukan satu langkah lebar terus turunkan tubuh anda sehingga lutut kiri anda mendekati lantai. 
  • lalu ankat badan anda dan langkahkan kaki kiri kedepan dan turunkan badan sehingga lutut kanan mendekati lantai.
lakukan gerkan walk lunges ini 20-50 langkah . dan ulangi 3 set.

5.MOUNT CLIMBER


Gerakan ini juga mudah untuk di lakukan di rumah atau di mana aja . gerakan nya simple namun memiliki manfaat yang banyak . cara melakukan mount climber adalah sebagai berikut
  • lakukan posisi seperti saat anda melakukan push up .
  • lalu tarik lutut kiri dan kanan bergantian secara cepat sehingga mendekati dada.
lakukan gerkan ini 30-90 detik dan ulangi 3-5 set dalam satu sesi latihan.

lakukan latihan latihan di atas  secara rutin 3 kali dalam satu minggu. lakukan streching dan warming up setiap mau memulai latihan dan lakukan coolingdown ketika selesei untuk memaksimalkan respon otot otot tubuh dan persendian serta mengurangi resiko terjadi nya cidera.

GO HEALTH

Komentar

Postingan Populer