STRECHING



Otot tubuh kita merupakan susunan yg sangat komplek dari syaraf , pembuluh darah , fasia , tendon dan juga sel sel otot. untuk mempersiapkan otot2 kita supaya bisa berlatih secara maksimal dan mengurangi resiko cidera maka kita memerlukan peregangan atau streching sebelum dan sesudah latihan. 

streching adalah gerakan untuk meregangkan otot , tendon dan persendian pada bagian tubuh tertentu untuk meningkatkan kelenturan dan mempersiapkan tubuh kita untuk melakukan aktifitas. 

Ada 4 macam streching yg di kenal dlm dunia olahraga yaitu : 

streching statis 
yaitu meregangkan otot dgn cara menahannya pada satu gerakan dlam waktu tertentu

Streching dynamis 
yaitu peregangan dengan melakukan gerakan gerakan ringan seperti halnya joging di tempat atau melakukan lompatan2 kecil dll

balistic streching
yaitu meregangkan otot dengan cara memanfaatkan momentum gerakan tubuh untuk memaksa tubuh melampaui tuang gerak nya

propioceptive neuromascular facilitation
yaitu peregangan untuk mengembalikan kenturan dan ruang gerak pada cidera otot ataupun persendian .

Dengan melakukan strecing rutin kita bisa meningkatkan flexibilitas otot dan persendian kita , streching yg di lakukan  sebelum dan sesudah latihan bisa mengurangi resiko cidera , sementara streching yg di lakukan pada tubuh yg cidera bisa membantu memulihkan kembali kekuatan otot , kelenturan otot  serta memulihkan fungsi persendian.

GO HEALTH 



Komentar