CORE MUSCLE



Core muscle merupakan penghubung antara tubuh bagian atas dengan tubuh bagian bawah . Setiap gerakan tubuh kita saat latihan beban , aerobic dan latihan kelenturan core muscle selalu ikut terlibat. selain sebagai penghubung core muscle juga menjadi penopang gerakan2 kita saat berlatih.

Core muscle terdiri dari beberapa otot tubuh yaitu : 
abdominal ( otot perut )
otot perut yang merupakan core mucle adalah external oblique , internal oblique , rextus abdominis dan transversus abdominis

back ( punggung )
otot punggung yang termasuk kedalam bagian core muscle adalah erector spinae yaitu otot yg memanjang vertikal pada punggung yg berfungsi sebagai penyangga tubuh kita agar bisa berdiri tegak.

hip ( panggul )
otot panggul yang merupakan bagian dari core muscle adalah :
iliopsoas yaitu otot pembungkus tulang belakang yg menghubungkan paha dengan panggul .

quadratus lumborum yaitu otot pengikat tubuh di bagian samping .

buttock ( pinggul )
otot pinggul yg merupakan core muscle adalah gluteus maximus , gluteus medius dan gluteus minius .

Untuk membuat core muscle yg kuat kita harus rutin melakukan latihan ,dalam seminggu setidaknya melakukan latihan core muscle 3 kali . contoh latihan core muscle adalah plank , side plank , leg lift dll . kombinasikan latihan core muscle dengan latihan latihan yg lain seperti halnya aerobic dan latihan beban.

menguatkan core muscle sangat penting karena core muscle yg kuat bisa mengurangi resiko cidera pada saat latihan , mengurangi resiko cidera lower back pada saat latihan beban . core mascle yg kuat juga bisa membuat postur dan juga keseimbangan tubuh kita menjadi lebih baik.

GO HEALTH




Komentar